Kompas TV lifestyle travel

Cara Naik Shuttle Gratis dari Stasiun LRT ke Taman Mini, Khusus yang Punya Tiket Online

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 12:05 WIB
cara-naik-shuttle-gratis-dari-stasiun-lrt-ke-taman-mini-khusus-yang-punya-tiket-online
Menghabiskan libur akhir tahun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa anda lakukan dengan mengaksesnya menggunakan LRT Jabodebek. Pengelola TMII menyediakan layanan angkutan antar-jemput (shuttle) gratis bagi pengunjung tempat wisata itu dari Stasiun LRT TMII. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menghabiskan libur akhir tahun di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa anda lakukan dengan mengaksesnya menggunakan LRT Jabodebek. Pengelola TMII menyediakan layanan angkutan antar-jemput (shuttle) gratis bagi pengunjung tempat wisata itu dari Stasiun LRT TMII.

Layanan shuttle ini diberikan agar TMII lebih mudah dijangkau masyarakat dengan transportasi umum. Pasalnya, saat ini kendaraan pribadi tidak boleh masuk dan berkeliling di dalam area TMII kecuali kendaraan listrik. 

Layanan ini tersedia mulai Jumat 15 September 2023 dan dapat dinikmati oleh pengunjung TMII yang telah memegang tiket atau membeli tiket online sebelumnya.

Baca Juga: Ini Cara Ragunan Jaga Kesehatan Hewan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pengelola TMII bekerja sama dengan operator Stasiun LRT TMII dan Blue Bird Group dalam penyediaan angkutan shuttle yang beroperasi setiap hari.

Direktur Operasi TMII Arie Prasetyo menerangkan, pengunjung bisa naik shuttle dari lobi Stasiun LRT TMII dan akan diturunkan di Tourist Information Center (TIC) TMII, begitu juga sebaliknya. Ada 2 unit angkutan shuttle berkapasitas 14 tempat duduk yang disiapkan dan akan berangkat setiap 30 menit. 

"Jadwal shuttle yang teratur itu bisa membuat pengunjung lebih fleksibel dalam merencanakan perjalanan," kata Arie dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu. 

Jadwal keberangkatan dari Stasiun LRT TMII ke TMII dimulai dari pukul 07.00- 19.00 WIB, sedangkan dari TIC TMII ke Stasiun LRT dimulai dari pukul 09.00-20.00 WIB.

Baca Juga: Ada Dispensasi, SIM yang Mati saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Bisa Diperpanjang Tanpa Bikin Baru

Di Stasiun LRT TMII juga disiapkan petugas untuk memeriksa tiket para pengunjung. Jika tiket sudah di tangan, pengunjung dapat langsung menaiki shuttle menuju TMII.

"Selain memberikan kemudahan aksesibilitas, layanan ini juga akan membantu mengurangi kemacetan dan dampak negatif lainnya di sekitar area TMII," tutur Arie. 

"Dengan layanan ini, pengunjung dapat menikmati keindahan dan keunikan TMII tanpa harus khawatir tentang parkir atau menghadapi kemacetan lalu lintas," tambahnya. 

Adapaun pada liburan Nataru pada 21 Desember 2023- 1 Januari 2024, TMII menargetkan jumlah pengunjung mencapai 300.000 orang.

Baca Juga: Simak Cara Beli Tiket Taman Mini Indonesia Indah Secara Online

Untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengunjung, TMII menambah sejumlah fasilitas toilet portabel dan moda transportasi serta kantong parkir.

"Untuk kantong parkir, kami bekerjasama dengan 'stakeholder' di sekitar TMII untuk menambah kapasitas parkir dan kami mengaktivasi beberapa kantong parkir di dalam kawasan," ujarnya. 

Total kapasitas kantong parkir yang ada di dalam kawasan bisa mencapai tiga ribuan kendaraan. 

"Tentunya ditambah kerja sama dengan beberapa 'stakeholder' (luar kawasan)," ucapnya. 


 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x