Kompas TV lifestyle tren

Daftar 5 Gereja Terbesar di Dunia, Nomor 1 Bisa Menampung 60.000 Orang

Kompas.tv - 24 Desember 2023, 08:00 WIB
daftar-5-gereja-terbesar-di-dunia-nomor-1-bisa-menampung-60-000-orang
St. Peter’s Basilica, gereja yang terletak di Vatikan ini bisa menampung hingga 60.000 orang. (Sumber: Gramedia.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gereja adalah tempat ibadah dalam agama Kristen dan sering juga merujuk pada komunitas umat Kristen.

Bangunan gereja memiliki variasi desain yang mencerminkan gaya arsitektur dan tradisi lokal. Beberapa ciri umum termasuk menara lonceng atau kubah, langit-langit tinggi, dan altar sebagai pusat ibadah. 

Gereja-gereja Katedral sering kali lebih besar dan megah, dengan desain yang mencerminkan statusnya sebagai pusat keuskupan. Sedangkan gereja-gereja kecil mungkin memiliki struktur yang lebih sederhana. 

Gaya arsitektur gereja dapat bervariasi dari Romawi, Gotik, Renaisans, hingga modern, tergantung pada periode dan budaya di mana mereka dibangun.

Lantas, di mana saja gereja terbesar di dunia? Berikut daftarnya.

5 Gereja Terbesar di Dunia

1. St. Peter’s Basilica

Basilika St. Peter (St. Peter's Basilica) adalah salah satu gereja paling terkenal di dunia dan merupakan pusat keagamaan Katolik Roma.

Terletak di Kota Vatikan, basilika ini merupakan salah satu contoh terbaik arsitektur Renaisans dan memiliki kubah megah yang dirancang oleh Michelangelo. 

Dibangun di atas makam Santo Petrus, basilika ini menjadi salah satu situs suci paling penting dalam agama Kristen. 

Interior basilika ini dipenuhi dengan karya seni termasuk Pietà karya Michelangelo dan patung Santo Petrus yang terkenal. 

Baca Juga: Cek, Daftar Promo di 5 Tempat Wisata Selama Natal dan Tahun Baru! Ada Diskon 45%

Basilika St. Peter juga menjadi tempat penting untuk upacara keagamaan dan peristiwa gerejawi.

Dilansir dari Gramedia.com, gereja dengan luas yang mencapai 15.160 meter persegi dan luas eksterior mencapai 21.095 meter persegi ini bisa menampung hingga 60.000 orang.

2. Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida

Basilika Nasional Bunda Aparecida (Basilica of the National Shrine of Our Lady of Aparecida) adalah sebuah basilika Katolik yang terletak di Aparecida, Brasil. 

Basilika ini didedikasikan untuk Bunda Aparecida, yang dianggap sebagai pelindung Brasil. Tempat ini adalah salah satu situs ziarah Katolik terbesar di dunia.

Basilika ini memiliki arsitektur yang megah dan menampung patung Bunda Aparecida yang sangat dihormati. Banyak peziarah datang ke sini untuk beribadah dan merayakan keberkatan spiritual. 

Basilika Nasional Bunda Aparecida menjadi penting dalam kehidupan keagamaan dan budaya Brasil serta menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Gereja dengan luas 12.000 meter persegi ini bisa menampung jemaat Katolik hingga 45.000 orang.

3. Seville Cathedral

Baca Juga: Jadwal KRL Jogja-Solo PP Libur Natal dan Tahun Baru: Ada 15 Perjalanan Setiap Hari



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x