Kompas TV lifestyle travel

Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Ini Tips dari Polri agar Perjalanan Nyaman, Aman dan Selamat

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 21:00 WIB
libur-natal-dan-tahun-baru-2024-ini-tips-dari-polri-agar-perjalanan-nyaman-aman-dan-selamat
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho memberikan tips bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. (Sumber: Humas Polri)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan sejumlah tips bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polri menggelar Operasi Lilin yang dimulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Operasi Lilin selama Nataru 2024 itu melibatkan 129.923 personel gabungan dari TNI, Polri dan stakeholders lainnya.

Digelarnya Operasi Lilin ini sekaligus untuk mengantisipasi puncak arus mudik libur Natal yang diprediksi terjadi pada Jumat, 22 Desember dan Minggu, 24 Desember 2023. 

Serta untuk arus balik libur Natal yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Selasa, 26 Desember dan Rabu, 27 Desember 2023.

"Sementara puncak arus mudik libur Tahun Baru yaitu pada Jumat, 29 Desember 2023 dan arus balik Selasa, 2 Januari 2024,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho dikutip dari laman resmi Polri, Sabtu (23/12/2023).

Sandi kemudian juga memberikan tips bagi masyarakat yang hendak berpergian mengisi libur Natal dan Tahun Baru agar nyaman, aman dan tenang. 

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Menuju Bali

Tips Liburan Natal dan Tahun Baru 2024

Polri memberikan tips pertama yakni untuk menjaga kesehatan diri dan kebugaran fisik.

Selain itu, jika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan untuk memeriksa kelaikan sebelum berangkat. Apabila menggunakan transportasi umum, siapkan tiket untuk perjalanan mudik dan balik.

“Lalu periksa kembali keamanan rumah yang akan ditinggalkan seperti kelistrikan, kompor dan air,” ujar Sandi.

Tips selanjutnya yaitu mempersiapkan bekal yang cukup saat perjalanan mudik dan balik serta  e-toll jika menggunakan kendaraan pribadi melewati jalan tol.

“Jangan lupa juga bawa obat-obatan atau P3K jika di perjalanan terjadi keadaan sakit,” tambahnya.

Sandi kemudian menganjurkan bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi agar berhenti dan istirahat jika sudah dalam keadaan lelah mengemudi untuk mencegah  terjadinya kecelakaan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x