Kompas TV lifestyle kesehatan

Jangan Sembarangan, Ini Efek Samping Infus Whitening Bagi Kesehatan

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 14:07 WIB
jangan-sembarangan-ini-efek-samping-infus-whitening-bagi-kesehatan
Ilustrasi infus whitening (Sumber: AP Illustration/Peter Hamlin)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Infus whitening atau infus pemutih menjadi tren kecantikan yang cukup populer. Ditambah, semakin banyak orang mendambakan kulit putih.

Infus whitening merupakan prosedur kosmetik yang dilakukan dengan penyuntikan zat-zat tertentu ke dalam lapisan kulit untuk mencerahkan warna kulit. Zat yang digunakan umumnya seperti vitamin C dosis tinggi, glutathione, kolagen san DNA Salmon yang berfungsi sebagai antioksidan alami.

Antioksidan dalam tubuh berfungsi mengurangi produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Dikutip dari laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, infus whitening terbilang cukup aman digunakan. 

Baca Juga: Cocok untuk Berbuka, Ini Cara Membuat Air Nabeez, Infused Water Kurma Ala Nabi

Namun, pengguna harus melakukan prosedur suntik putih di klinik kecantikan yang sudah berizin. Suntik putih juga harus dilakukan dibawah pantauan dokter spesialis kulit dan kelamin atau spesialis dermatovenereologi yang kompeten.

Meski relatif aman dan terbukti dapat memutihkan kulit, infus whitening tetap beresiko. Berikut efek samping suntik whitening terhadap kesehatan.

1. Nyeri dan bengkak di tempat suntikan
2. Ruam kulit
3. Mual dan muntah
4. Sakit kepala
5. Demam
6. Reaksi alergi

Efek samping suntik putih yang paling serius adalah kerusakan hati dan ginjal. Hal ini dapat terjadi karena dosis vitamin C yang terlalu tinggi. 

Vitamin C dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah, yang dapat menyebabkan batu ginjal dan kerusakan ginjal. Vitamin C berlebihan juga dapat meningkatkan produksi radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel hati.


 

Selain itu, suntik putih juga dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius, seperti anafilaksis. Anafilaksis adalah reaksi alergi yang mengancam jiwa.

Baca Juga: Buntut Kasus Jari Bayi Terpotong Saat Lepas Perban Infus, Perawat Lalai Langsung Dinonaktifkan!

Efek samping suntik putih lebih mungkin terjadi jika prosedur dilakukan oleh tenaga medis yang tidak kompeten atau menggunakan bahan yang tidak terjamin kualitasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x