Kompas TV lifestyle kesehatan

BPOM Update Daftar 181 Kosmetik Merkuri dan Non-merkuri, Tersebar di Jakarta hingga Jawa Timur

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 09:57 WIB
bpom-update-daftar-181-kosmetik-merkuri-dan-non-merkuri-tersebar-di-jakarta-hingga-jawa-timur
Ilustrasi kosmetik. Ini daftar kosmetik bermerkuri 2023 (Sumber: pngtree)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali merilis update daftar kosmetik mengandung merkuri dan bahan berbahaya lain pada tahun 2023 ini.

Plt. Kepala BPOM RI, L. Rizka Andalucia menegaskan pihaknya terus mengingatkan produk kosmetik mengandung bahan dilarang/berbahaya untuk melindungi masyarakat.

Selama periode September 2022 hingga Oktober 2023, masih ditemukan 181 item kosmetik mengandung bahan dilarang/berbahaya.

“Sebanyak 1,2 juta pieces (kosmetik-red) dengan total nilai keekonomian mencapai Rp42 miliar, tersebar di seluruh Indonesia, terutama di daerah DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Sulawesi Selatan,” ungkap Plt. Kepala BPOM, Minggu (10/12/2023).

Baca Juga: Puluhan Ribu Obat Ilegal dari Jawa Tengah Dimusnahkan oleh BPOM!

Bahaya Kosmetik Merkuri Bagi Kesehatan

Melansir laman Poltekkes Kemenkes Manado, Senin (11/12), Merkuri (Hg) termasuk logam berat berbahaya dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun.

Merkuri digunakan sebagai pemutih kulit karena karena mampu dalam menghambat pembentukan melanin pada permukaan kulit.

Sesuai Peraturan Kepala Badan POM No 23 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Bahan Kosmetik, dinyatakan bahwa Merkuri dan senyawanya termasuk daftar bahan yang tidak diizinkan dalam kosmetika.



Sumber : BPOM

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.