Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Cara Mencegah Pneumonia, dari Cuci Tangan sampai Pakai Masker

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 08:00 WIB
5-cara-mencegah-pneumonia-dari-cuci-tangan-sampai-pakai-masker
Ilustrasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) meminta semua jajarannya siaga menyusul laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa telah terjadi peningkatan kasus undefined pneumonia yang menyerang anak-anak di China bagian Utara. (Sumber: Kemenkes)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih berisiko terjadi pada anak-anak, orang berusia lanjut, dan orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Dikutip dari Medical News Today, pneumonia menular termasuk dari jenis pneumonia bakterial, pneumonia virus, Mycoplasma pneumonia, dan pneumonia MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus).

Ada beberapa organisme yang menjadi penyebab pneumonia lebih menular dibandingkan lainnya, seperti Mycobaccterium dan Mycoplasma Pneumonia.

Biasanya, pneumonia menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak dengan mulut orang yang terinfeksi. Penyakit ini juga menular melalui droplet yang keluar saat penderita batuk atau bersin.

Baca Juga: Menkes soal Bakteri Mycoplasma Pneumoniae: Tidak Perlu Panik, Itu Penyakit sebelum Covid-19

Melansir laman Very Well Health, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan pneumonia. 

1. Cuci tangan

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari penyakit yaitu dengan rutin mencuci tangan. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dapat menghilangkan kuman yang ada di tangan setelah menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi.

Apabila tidak tersedia sabun atau air, maka dapat membersihkan tangan memakai hand sanitizer berbasis alkohol.

Sebisa mungkin sering membersihkan tangan, terutama setelah batuk atau membuang ingus, setelah dari kamar mandi, setelah mengganti popok, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan.

2. Menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit

Sebagian besar infeksi pernapasan menular melalui partikel kecil yang berada di udara atau permukaan benda yang terkontaminasi. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit untuk mencegah infeksi pernapasan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x