Kompas TV lifestyle kesehatan

Ternyata Ini 4 Manfaat Makan di Atas Daun Pisang, Salah Satunya Bisa Mencegah Penyakit!

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 07:04 WIB
ternyata-ini-4-manfaat-makan-di-atas-daun-pisang-salah-satunya-bisa-mencegah-penyakit
Ilustrasi makanan di atas daun pisang (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Mengonsumsi hidangan di atas daun pisang bukanlah hal yang asing bagi banyak orang di Indonesia.

Praktik ini tidak hanya lazim ketika makan bersama, melainkan juga telah menjadi pilihan umum di restoran untuk menyajikan berbagai hidangan.

Selain menambahkan aroma khas, makan di atas daun pisang ternyata dapat memberikan beragam manfaat yang luar biasa, seperti yang dikutip dari Food NDTV, berikut ini.

1. Kaya antioksidan

Daun pisang kaya akan antioksidan, terutama polifenol yang merupakan senyawa alami dengan sifat antioksidatif. Polifenol ini banyak ditemukan dalam makanan nabati dan teh hijau.

Nantinya, makanan yang ada di atas daun pisang ini akan menyerap polifenol, yang dapat berperan dalam mencegah berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, daun pisang juga memiliki sifat antibakteri, yang dapat berpotensi membunuh kuman dalam makanan.

Baca Juga: Bukan Hanya Kuliner, Ini 10 Manfaat Daun Pisang untuk Pengobatan

2. Ekonomis

Makan menggunakan daun pisang menjadi pilihan yang sangat terjangkau dan ekonomis. Hal ini memberikan manfaat besar, karena tidak ada kekhawatiran mengenai pengeluaran tambahan untuk peralatan makan.

Dengan memanfaatkan daun pisang, kita dapat menikmati hidangan tanpa perlu merogoh kocek lebih untuk peralatan makan yang khusus.Tentunya hal ini dapat membuat kita menjadi lebih hemat dan efisien secara finansial.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Bungkus Makanan, Ini 5 Manfaat Daun Pisang bagi Kesehatan Tubuh

3. Ramah Lingkungan

Keunggulan lain dari makan di atas daun pisang adalah keberlanjutan lingkungan. Praktik ini mendukung upaya pelestarian lingkungan karena daun pisang memiliki kemampuan terurai yang lebih baik dibandingkan dengan plastik.

Selain itu, penggunaan daun pisang juga merupakan cara efisien dalam pengelolaan waktu dan tenaga, mengingat tidak diperlukan pencucian peralatan makan tambahan.


 

Dengan begitu, menggunakan daun pisang sebagai alas makan tidak hanya menghemat waktu, tenaga, dan finansial saja, tetapi juga mengurangi pemakaian sabun berbahan kimia yang berpotensi mencemari lingkungan.

Melalui pilihan ini, kita dapat berkontribusi pada pelestarian lingkungan dengan tindakan sederhana namun berdampak besar.

Baca Juga: Cukup Pakai Daun Pisang, Ini Cara Menggoreng Telur Mata Sapi Tanpa Minyak

4. Higienis

Penggunaan daun sebagai alas makanan dapat dianggap sebagai pilihan yang lebih higienis. Sebagian besar peralatan makan cenderung menggunakan sabun saat dicuci, yang berpotensi meninggalkan residu dan mencemari makanan.

Sebaliknya, daun pisang memiliki lapisan mirip lilin yang berfungsi sebagai penghalang terhadap kotoran atau debu yang dapat menempel pada permukaannya, dan meningkatkan tingkat kebersihan makanan.

Meskipun begitu, untuk memastikan kebersihan yang maksimal, sebaiknya daun pisang dibersihkan terlebih dahulu dengan lap kering sebelum digunakan sebagai alas makanan.



Sumber : NDTV Food


BERITA LAINNYA



Close Ads x