Kompas TV lifestyle kesehatan

Apa Itu Kanker Langka GIST yang Diidap Woohyun INFINITE?

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 22:00 WIB
apa-itu-kanker-langka-gist-yang-diidap-woohyun-infinite
Woohyun INFINITE. Ia didiagnosa terkena tumor stroma gastrointestinal (GIST) dan dinyatakan sembuh dari jenis kanker langka itu. (Sumber: Tribunnews/istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Woohyun INFINITE menceritakan perjalanan dirinya sembuh dari kanker langka bernama tumor stroma gastrointestinal (GIST). Idol Korea Selatan ini didiagnosis menderita GIST pada April 2023.

Di tengah perilisan album solo pertamanya, Woohyun merahasiakan penyakitnya dari publik. Anggota boy group INFINITE tetap menjalani pekerjaannya selama masa pemulihan. 

Lantas, apa itu kanker langka tumor stroma gastrointestinal atau GIST yang diidap Woohyun INFINITE?

Baca Juga: Mengenal Paru-Paru Popcorn, Penyakit Langka Akibat Paparan Diasetil

Dikutip dari laman Mayo Clinic, kanker tumor stroma gastrointestinal atau GIST merupakan jenis kanker langka. kanker jenis ini menyerang saluran pencernaan atau saluran gastrointestinal.

GIST kebanyakan berawal di lambung dan usus kecil. Namun, bisa juga dimulai di kerongkongan, usus besar, rektum atau bagian akhir dari usus besar, dan tempat lainnya.

GIST muncul ketika sel yang memindahkan makanan di saluran pencernaan tumbuh di luar kontrol. Akibatnya, sel ini menggantikan sel normal sehingga menyulitkan kinerja tubuh.

Sel GIST bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya sel GIST di perut dapat berpindah ke hati. GIST tidak sama dengan jenis kanker lain di saluran pencernaan, seperti kanker usus besar dan kanker perut. 

Hal ini karena jaringan tempat tumor tersebut muncul berbeda dari kanker lain. Melansir laman National Cancer Institute, hanya 70 persen pasien GIST yang bergejala. Sedangkan 20 persen tidak menunjukkan gejala, dan 10 persen terdeteksi dalam proses autopsi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x