Kompas TV lifestyle tren

Contoh Teks Pidato Hari Guru Nasional 2023 untuk Amanat Pembina Upacara

Kompas.tv - 22 November 2023, 16:00 WIB
contoh-teks-pidato-hari-guru-nasional-2023-untuk-amanat-pembina-upacara
Ilustrasi upacara Hari Guru. Berikut contoh teks pidato Hari Guru Nasional 2023 (Sumber: Dok. Kemendikbudristek)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut contoh teks pidato Hari Guru Nasional (HGN) 2023 yang bisa dibaca sebagai amanat pembina upacara Hari Guru.

Diketahui, Hari Guru merupakan hari nasional yang diperingati tiap 25 November. Tahun ini HGN jatuh pada Sabtu (25/11/2023).

Hari Guru diperingati untuk mengenang dan mengapresiasi perjuangan guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Tema Hari Guru Nasional 2023 ini yaitu "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Sementara itu logo Hari Guru Nasional tahun 2023 menggambarkan ikatan dalam bentuk hati antara seorang guru, murid, dan orang tua.

Peringatan Hari Guru tahun ini dilakukan dengan menggelar upacara bendera. Berikut contoh teks pidato Hari Guru Nasional 2023.

Baca Juga: Susunan Upacara Hari Guru Nasional 2023 dan Contoh Teks Doanya

1. Teks Pidato Hari Guru 2023 untuk Kepala Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera untuk seluruh guru, pegawai, siswa, dan seluruh komponen sekolah!

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di kesempatan yang penuh berkah ini, dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023 dengan tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Hari Guru Nasional adalah momentum yang sangat penting bagi kita semua untuk mengenang peran dan dedikasi luar biasa para guru dalam membentuk generasi penerus bangsa.

Tema tahun ini, "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar", mencerminkan semangat perubahan dan kebersamaan dalam memberikan edukasi yang bermakna.

Guru adalah garda terdepan dalam proses pendidikan, mereka adalah pilar utama dalam pembangunan karakter dan potensi setiap siswa.

Dengan semangat "Merdeka Belajar", kita mengajak semua pihak terlibat untuk bersama-sama memberikan dukungan dan inspirasi agar setiap individu dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.

Melalui tema ini, mari kita bersama-sama bergerak, berkolaborasi, dan merayakan kebebasan untuk belajar dan berkembang.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang senantiasa menginspirasi, membimbing, dan memberikan teladan positif kepada para siswa. Bersama-sama, kita bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, inklusif, dan inovatif.

Semua pencapaian yang telah diraih oleh sekolah ini tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras seluruh guru.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Hari Guru 2023 yang Singkat dan Menyentuh Hati versi Bahasa Inggris dan Indonesia

Untuk itu, marilah kita bersama-sama menghargai, memberikan penghargaan, dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para guru yang telah memberikan kontribusi besar dalam mendidik dan membentuk karakter anak-anak kita.

Dengan semangat kebersamaan, mari kita perkuat sinergi antara guru, siswa, orang tua, dan seluruh komponen sekolah.

Bersama-sama, kita dapat mencapai visi dan misi pendidikan yang lebih baik untuk mewujudkan generasi yang cerdas, berdaya saing, dan bertanggung jawab.

Selamat Hari Guru Nasional! Mari terus bergerak bersama, merayakan merdeka belajar, dan membangun masa depan yang lebih baik melalui pendidikan.

Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Teks Pidato Hari Guru 2023 dari Kemendikbud Tahun 2022

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Rahayu.
Ibu dan Bapak guru sebangsa dan setanah air, Tiga tahun yang lalu, kita melepas jangkar dan membentangkan layar kapal besar bernama Merdeka Belajar. Ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke sudah kita lewati, laut dengan ombak tinggi dan angin kencang sudah kita hadapi.

Ketangguhan ini didorong oleh kemauan kita untuk berubah, meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak lagi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan zaman. Hal ini juga didorong oleh semangat kita untuk terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan yang membawa kita melompat ke masa depan.

Mungkin diantara kita sampai hari ini masih ada yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan. Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman. Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah.



Sumber : Tribunnews, kemdikbud.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x