Kompas TV lifestyle tren

Cara Mengurus KTP Hilang Beda Domisili, Simak Persyaratannya dan Langkahnya

Kompas.tv - 22 November 2023, 05:00 WIB
cara-mengurus-ktp-hilang-beda-domisili-simak-persyaratannya-dan-langkahnya
Ilustrasi KTP elektronik. Kementerian Dalam Negeri akan mengganti KTP elektronik dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP digital. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah dokumen vital yang menegaskan identitas dan status domisili seseorang di Indonesia. KTP mengandung informasi penting seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat.

Kehilangan KTP bisa menimbulkan berbagai masalah, terutama dalam urusan administrasi dan hukum.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui prosedur mengurus KTP yang hilang, baik untuk warga yang berdomisili sesuai alamat KTP maupun yang berada di luar domisili.

Baca Juga: Cara Mengetahui Siswa Penerima Bantuan PIP Kemdikbud 2023, SD, SMP, dan SMA Dapat hingga Rp1 Juta!

Lantas bagaimana cara mengurus KTP yang hilang ketika kita berada di domisili yang tidak sesuai dengan KTP? Berikut langkah-langkah hingga persyaratan yang diperlukan sebagaimana dikutip dair Dinas Penduduk Mojokerto.

Tahapan Mengurus KTP yang Hilang

1. Laporan Kepolisian

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan kehilangan KTP ke kantor kepolisian terdekat. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian ini menjadi syarat utama dalam proses penggantian KTP.

2. Persiapan Dokumen

Siapkan dokumen yang diperlukan seperti hardcopy Kartu Keluarga terbaru, fotocopy KTP (jika ada), dan surat kehilangan dari kepolisian.

Baca Juga: Simak, Begini Syarat dan Cara Menggugat Cerai ke Pengadilan | SINAU

Di beberapa wilayah, Anda juga mungkin perlu menyediakan surat pengantar dari RT/RW setempat.

3. Kunjungi Dukcapil



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.