Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Minum Kopi Pagi Hari

Kompas.tv - 14 November 2023, 05:00 WIB
6-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-minum-kopi-pagi-hari
Ilustrasi minum kopi. (Sumber: Unsplash/ Priscilla Du Preez)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kopi menjadi minuman yang kerap dikonsumsi di pagi hari. Kafein yang terkandung di dalamnya membuat seseorang terjaga dan lebih berenergi untuk menjalani hari. 

Meski kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meminumnya di pagi hari.

Melansir laman Well and Good, berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum minum kopi di pagi hari.

1. Minum Air

Baca Juga: Sensasi Minum Kopi dan Es Durian Di Tengah Kebun

Tubuh mengalami dehidrasi selama tidur. Air penting untuk merehidrasi tubuh sebelum menikmati kopi di pagi hari.

Air mineral dipercaya memainkan peran utama dalam mendukung segala sesuatu mulai dari adrenal hingga gula darah, termasuk juga soal keseimbangan hormon.

2. Kudapan Kaya Serat dan Protein

Minum kopi saat perut kosong dapat merangsang kortisol yang dapat meningkatkan gula darah. Hal ini dapat berdampak pada menurunnya tingkat energi sepanjang hari.

Memulai hari dengan asupan serat dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung serat sebelum minum kopi.

3. Sikat Gigi

Hal yang perlu Anda lakukan sebelum minum kopi di pagi hari lainnya yakni menyikat gigi terlebih dahulu. Setelah sikat gigi, kemudian menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyeduh kopi pertama.

Sikat gigi sebelum minum kopi membantu menghilangkan plak, sehingga noda lebih sulit menempel di gigi setelah minum kopi. Selain itu,  asam dalam kopi dapat melemahkan enamel gigi, sehingga menyikat gigi setelah minum kopi hanya dapat memicu kerusakan gigi.

4. Jalan-Jalan

Mendapatkan paparan cahaya alami dalam satu jam pertama setelah bangun tidur adalah cara yang baik untuk menjaga keseimbangan hormon. Kombinasi jalan kaki dan paparan sinar matahari adalah hal yang baik bagi hormon, energi, dan kesehatan secara menyeluruh.

5. Minum Kopi 90 Menit Setelah Bangun

Kopi ideal dikonsumsi setelah 90 menit pertama setelah bangun tidur, sehingga memberikan kesempatan hormon untuk seimbang. Pasalnya, dalam satu jam pertama setelah bangun tidur, idealnya kadar kortisol tubuh naik dan turun secara akut.

Naik turunnya kortisol tersebut mewakili sistem saraf mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan kekebalan tubuh. Bahkan jika terganggu, dapat menimbulkan risiko perkembangan autoimun.

Baca Juga: 7 Tips Minum Kopi untuk Menurunkan Berat Badan Menurut Ahli Diet, Tak Hanya Kurangi Gula Saja

6. Buang Air Kecil

Kopi akan meningkatkan produksi urine. Akibatnya, minum kopi akan membuat Anda jadi lebih sering buang air kecil.

Penting bagi tubuh untuk mengosongkan kandung kemih terlebih dahulu sebelum minum kopi di pagi hari.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x