Kompas TV lifestyle travel

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga

Kompas.tv - 11 November 2023, 14:47 WIB
10-tempat-wisata-di-surabaya-yang-wajib-dikunjungi-bersama-keluarga
Daftar 10 tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: https://pestaboladunia.surabaya.go.id/tourismspot)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

SURABAYA, KOMPAS.TV - Surabaya memiliki sejumlah tempat wisata yang patut untuk dikunjungi ketika akhir pekan bersama keluarga. Berikut daftarnya.

Seperti yang diketahui, Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi venue penyelenggaraan di Piala Dunia U17 2023.

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, juga telah berhasil menyelenggarakan dua pertandingan pembuka yakni Panama vs Maroko serta Indonesia vs Ekuador.

Dengan menggelar event internasional tersebut, tentu banyak turis atau wisatawan yang datang ke ibu kota Jawa Timur itu, baik dari domestik ataupun mancanegara.

Berikut rekomendasi daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi di Surabaya dilansir dari pestaboladunia.surabaya.go.id.

10 Tempat Wisata di Surabaya

1. Patung Buddha 4 Wajah

Patung Buddha Empat Wajah diresmikan pada 9 November 2004. Patung ini menempati bangunan mirip stupa, di atasnya Buddha duduk di singgasananya. Karena terdapat empat wajah, wajah depan menghadap lurus dengan tangan memegang manik-manik doa. Keempat wajah dalam patung Buddha ini mewakili empat kualitas baik Buddha, yaitu kasih sayang, kemurahan hati, keadilan, dan meditasi. Patung ini menyerupai patung Buddha di Bangkok, yang terdiri dari: wajah kedamaian dan kesehatan, wajah hubungan yang baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan dari kejahatan.

Baca Juga: Lowongan Kerja KAI Wisata untuk Lulusan SMA, D3, dan S1, Dibuka hingga 12 November 2023

2. Museum Blockbuster

Museum Blockbuster didirikan pada tahun 2018 dan memiliki lebih dari 3000 koleksi, semuanya merupakan barang langka dan edisi terbatas. Koleksi tersebut mencakup action figure, diorama, patung, properti film, koleksi boneka, dan mainan lainnya.

3. Wisata Perahu Kalimas

Wisata Perahu Kalimas adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Surabaya. Dengan suasana langit senja hingga lampu kota yang berkilauan dari gedung megah, terlihat memukau dari atas perahu wisata ini. 

Wisata Perahu Kalimas ini beroperasi setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 21.00. Terdapat dua dermaga keberangkatan, dari dermaga Taman Prestasi (beli tiket online di www.tiketwisata.surabaya.go.id) dan dermaga Monumen Kapal Selam (tiket offline tersedia).

4. Museum Pendidikan Surabaya

Museum Pendidikan Surabaya adalah museum tematik yang didirikan sebagai langkah untuk melestarikan sejarah dan budaya bangsa dengan tujuan mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan rekreasi di Surabaya. Museum ini mengumpulkan bukti materi Pendidikan dalam periode Pra-Aksara, Klasik, Kolonial, dan Kemerdekaan. 

Museum ini merupakan bekas sekolah Taman Siswa. Jumlah koleksi yang saat ini dipamerkan di Museum Pendidikan Surabaya adalah 889 koleksi yang terkait dengan pendidikan di Surabaya.

5. Romokalisari Adventure Land

Pusat Ikan Romokalisari (SIR) diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (sekarang Menteri Sosial) pada 10 Desember 2020. Di dekat SIR ini terdapat sebuah pulau, yaitu kelompok Pulau Galang yang menjadi menu utama untuk tur perahu di Pusat Ikan Romokalisari.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Gratis di Surabaya, Ada Spot Instagramable hingga Kuliner Sedap



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x