Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Kopi Decaf untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.tv - 2 November 2023, 16:00 WIB
5-manfaat-kopi-decaf-untuk-kesehatan-tubuh
Ilustrasi. Bagi orang-orang yang ingin mengonsumi kopi tapi tidak ingin terkena dampak kafein, kopi tanpa kafein atau kopi decaf dapat menjadi pilihan. (Sumber: Unsplash/Demi DeHerrera)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi orang-orang yang ingin mengonsumi kopi tapi tidak ingin terkena dampak kafein, kopi tanpa kafein atau kopi decaf dapat menjadi pilihan.

Pada orang-orang tertentu, kafein dalam takaran yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti memicu rasa gelisah, gangguan susah tidur, asam lambung, meningkatkan detak jantung, dan masih banyak lagi. 

Meski tergolong aman dikonsumsi, kopi decaf bukan berarti tidak mengandung kafein sama sekali. Kopi jenis ini masih mengandung kafein meski dalam kadar yang rendah. 

Dilansir Healthline, kopi decaf biasanya memiliki 3 persen kafein dibandingkan kopi biasa. Meskipun ada kandungan kafein yang hilang, tetapi kopi ini sama lezatnya dengan kopi berkafein. 

Baca Juga: Nikmati Kopi Bonus Pemandangan di Warung Koffie Hideung Saung Karawang | Jalan-Jalan

Rasanya pun tak jauh berbeda dengan kopi biasa. Secara keseluruhan, kopi decaf bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menikmati kopi tanpa harus merasakan efek kafeinnya.

5 Manfaat Kopi Decaf bagi Kesehatan

Dikutip dari laman Health.com, berikut 5 manfaat kopi decaf bagi kesehatan.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes Tipe 2 dan Kematian Dini

Manfaat kopi decaf yang pertama adalah turut membantu menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Seseorang yang meminum secangkir kopi decaf per hari diyakini dapat mengurangi risiko penyakit tersebut hingga 7 persen. 

Kopi decaf juga diyakini dapat menurunkan risiko kematian dini akibat stroke atau penyakit jantung.

2. Mengandung Potassium dan Mineral

Bagi ibu hamil yang memiliki keinginan untuk mengonsumsi minuman berkafein, kopi decaf bisa menjadi solusinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x