Kompas TV lifestyle tren

Viral! Universitas Terbuka Buka Prodi S2 Ilmu Hitam, Ternyata Salah Ketik

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 17:00 WIB
viral-universitas-terbuka-buka-prodi-s2-ilmu-hitam-ternyata-salah-ketik
Viral Universitas Terbuka (UT) buka program studi baru S2 Ilmu Hitam, ternyata salah ketik. (Sumber: X/@mufti_sunan)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Viral di media sosial sebuah foto yang berisi pembukaan program studi (prodi) baru di Universitas Terbuka (UT), di mana ada prodi S2 Ilmu Hitam.

Dalam foto yang dibagikan oleh akun X @mufti_sunan pada Kamis (26/10/2023), tampak lima prodi baru di UT. Ada S2 Desain Komunikasi Visual, S2 Ilmu Komunikasi, S2 Ilmu Hitam, S2 PAUD, dan PPG Program Profesi Guru.

Indonesia punya jurusan ilmu hitam,” tulis pengunggah, Kamis.

Baca Juga: Viral Fenomena Hujan Lebat Usai Cuaca Panas, BMKG Ungkap Penyebabnya

Postingan itu pun langsung mendapatkan berbagai komentar. Tak sedikit yang mengaku tertawa melihat postingan itu dan menanyakan kebenaran adanya prodi S2 Ilmu Hitam.

Tolong aku ketawa banget, ini serius apa typo sih,” tulis akun @spals***. 

Dosennya dari Banyuwangi. Prospek kerja tukang santet + pesugihan,” tulis akun @stay***. 

Ternyata Salah Ketik

Direktur Universitas Terbuka Layanan Luar Negeri Pardamean Daulay membenarkan bahwa UT memang membuka sejumlah program studi baru.

Namun, pada prodi S2 Ilmu Hitam dalam foto tersebut tidak termasuk dalam daftarnya. Ia menjelaskan bahwa pihaknya salah ketik. Sebab, prodi tersebut seharusnya S2 Ilmu Hukum.

“Benar UT mau buka prodi baru, tetapi yang nomor tiga (S2 Ilmu Hitam) itu salah ketik, yang benar prodik S2 Ilmu Hukum,” jelas Pardamean, Kamis.

Sayangnya, ia tidak menjelaskan alasan salah ketik pada pengumuman pembukaan prodi baru di UT itu.

Sebagai informasi, UT memang tengah mempersiapkan prodi baru, baik untuk jenjang sarjana mau pun pascasarjana. Pembukaan prodi baru ini dilakukan guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi perkembangan dunia kerja dan usaha. 

Baca Juga: Kapolda Lampung Beri Hadiah Anak Kelas 6 SD yang Viral Gagalkan Penjambretan

Sejumlah prodi S1 yang akan dibuka, antara lain Desain Komunikasi Visual, Data Science, Agroindustri, Perpajakan, dan Digital Marketing. 

Untuk program pascasarjana atau S2, prodi yang akan dibuka adalah Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, serta Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). 

"Insyaallah akan dimulai tahun depan," ujar Rektor UT Ojat Darojat di Kampus UT, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (19/9/2023), seperti dilansir Antara.


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x