Kompas TV regional sumatra

Kapolda Lampung Beri Hadiah Anak Kelas 6 SD yang Viral Gagalkan Penjambretan

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 00:11 WIB
kapolda-lampung-beri-hadiah-anak-kelas-6-sd-yang-viral-gagalkan-penjambretan
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Helmy Santika pada Rabu (25/10/2023) mengundang Rizky Maulana (12), siswa kelas 6 sekolah dasar (SD) yang menggagalkan aksi penjambretan. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Pol. Helmy Santika memberikan hadiah kepada Rizky Maulana (12), siswa kelas 6 sekolah dasar (SD) yang menggagalkan aksi penjambretan.

Irjen Helmy mengaku bangga melihat rekaman video CCTV saat Rizky melawan penjambret. Ia lantas mengundang Rizky ke ruang kerjanya.

Saat bertemu dengan Kapolda Lampung, Rizky menceritakan detik-detik saat ia hampir menjadi korban tindak pidana penjambretan. 

Atas keberanian Rizky, Irjen Helmy memberikan bantuan pendanaan untuk sekolah. Selain itu, Rizky juga diajak berkeliling Polda Lampung menggunakan mobil golf.

"Cuma hadiah kecil buat penyemangat sekolah," ungkap Irjen Helmy, Rabu (25/10/2023) sebagaimana diberitakan jurnalis KompasTV Roma Afria Idham.

Baca Juga: Eks Kasat Resnarkoba Lampung Selatan Terduga Anggota Jaringan Fredy Pratama Divonis PTDH

Rizky mengaku ingin menangkap pelaku dengan cara menarik jaket yang dikenakan pelaku saat mengendarai sepeda motor.

"Saya tarik jaketnya sampai saya juga jatuh. Ini kemarin sempat sakit. Pokoknya dia (pelaku) harus ketangkap," kata Rizky.

Rizky menarik jaket salah satu pelaku penjambretan, yang mengendarai satu motor berbonceng tiga, sehingga menyebabkan pelaku terjatuh pada Jumat (20/10/2023).

Ia juga mengaku mengejar para pelaku karena ingin mengambil kembali ponselnya yang dirampas.

Bahkan, Rizky mengaku tidak menyadari saat ponselnya telah terjatuh dari genggaman pelaku.

Baca Juga: Jatuh Bangun! Seorang Bocah Gagalkan Aksi Jambret Ponsel

Sebelumnya, video CCTV yang menunjukkan Rizky berhasil menggagalkan aksi penjambretan viral di media sosial. Anak kelas 6 SD itu menarik jaket pelaku hingga terjatuh dari sepeda motor.

Cuplikan video sepanjang 1,27 menit itu memperlihatkan detik-detik terjadinya aksi penjambretan.

Di dalam video itu, Rizky tampak sedang bermain ponsel sambil duduk di kursi depan rumah. Beberapa saat kemudian, muncul sepeda motor jenis Beat warna putih-biru yang ditumpangi tiga orang mengenakan sweater hoodie masuk ke gang di samping rumah Rizky.

Detik berikutnya, anak laki-laki itu terlihat mengejar dan menarik pelaku hingga terjatuh dari sepeda motor. Ponsel yang dirampas juga terlihat jatuh ke jalan.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x