Kompas TV lifestyle kesehatan

Simak Jangan Sampai Salah, Ini 4 Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air

Kompas.tv - 28 Oktober 2023, 23:00 WIB
simak-jangan-sampai-salah-ini-4-perbedaan-cacar-monyet-dan-cacar-air
Partikel virus cacar monyet terdiri dari genom DNA (asam deoksiribonukleat) yang dikelilingi oleh selubung protein dan selubung lipid. (Sumber: Maurizio de Angelis/WHO)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Cacar air dan cacar monyet adalah dua penyakit yang disebabkan oleh virus yang berbeda. Cacar air disebabkan oleh virus Varicella-zoster, sedangkan cacar monyet disebabkan oleh virus monkeypox

Kedua penyakit ini memiliki beberapa kesamaan, seperti gejala awal yang mirip, yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Namun, ada beberapa perbedaan antara kedua penyakit ini, yang perlu diketahui untuk menghindari kesalahan diagnosis.

Dikutip dari laman healthline dan Kementrian Kesehatan Indonesia, berikut perbedaan cacar air dan cacar monyet.

Baca Juga: Dinkes Kota Semarang Imbau Warga Waspada Cacar Monyet

Perbedaan cacar air dan cacar monyet

1. Gejala Demam

Cacar monyet ditandai gejala demam dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius. Gejala demam cacar monyet umumnya berlangsung selama satu hingga lima hari sebelum ruam muncul.

Pada cacar air, suhu demam bisa mencapai 39 derajat Celsius dengan ruam yang akan  muncul setelah satu sampai dua hari.

2. Jenis Ruam

Ruam pada cacar monyet akan muncul di wajah, kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ruam cacar monyet akan berkembang dari bintik-bintik merah menjadi bintil kecil yang berisi cairan. 

Ruam cacar monyet juga berisi lesi padat seperti lepuhan yang berisi nanah. Nantinya, ruam pada gejala cacar monyet akan pecah dan menjadi koreng.

Sementara, ruam pada cacar air akan muncul di dada dan punggung. Ruam ini akan berkembang dari bintik-bintik merah menjadi bintil kecil berair atau berisi cairan tidak pekat atau bening.

3. Gejala Khas

Baca Juga: Awas Penyakit Cacar Monyet, Ini lo Gejalanya | SINAU

Cacar monyet disertai gejala khas kelenjar getah bening membengkak. Sedangkan pada cacar air, munculnya ruam disertai gejala gatal-gatal di tempat kemunculan ruam.

4. Lamanya gejala penyakit sampai sembuh

Penderita biasanya merasakan gejala cacar monyet sampai sembuh sekitar dua hingga empat minggu. Sedangkan penyakit cacar air relatif singkat hanya empat hingga tujuh hari.


 



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x