Kompas TV lifestyle kesehatan

Bolehkah Langsung Mandi usai Berolahraga? Perhatikan Kondisi Berikut, Ada Risiko Serangan Jantung

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 07:10 WIB
bolehkah-langsung-mandi-usai-berolahraga-perhatikan-kondisi-berikut-ada-risiko-serangan-jantung
Ilustrasi. Bolehkah langsung mandi setelah berkeringat karena berolahraga? (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bolehkah langsung mandi setelah berkeringat karena berolahraga? Pertanyaan ini kerap muncul karena tubuh kerap merasa gerah dan lengket oleh keringat setelah berolahraga.

Suhu tubuh akan naik setelah berolahraga dan tubuh akan mengeluarkan keringat. Mandi pun menjadi cara agar tubuh bersih dan terasa segar kembali.

Akan tetapi, jika ingin langsung mandi setelah berolahraga, Anda mesti memperhatikan beberapa hal terlebih dulu. 

Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya, Kunjung Ashadi, menyebut orang yang baru selesai berolahraga perlu menunggu suhu tubuh turun sebelum mandi. Disarankan juga menunggu keringat mengering.

Baca Juga: Penderita Obesitas Tak Disarankan Berolahraga Lari, Ini Alasannya Menurut Dokter

Kunjung menyebut tidak apa-apa langsung mandi setelah berolahraga jika sering melakukannya. Namun, jika tidak terbiasa, sebaiknya menunggu terlebih dulu.

"Sebaiknya bagi individu yang tidak terbiasa dengan pola tersebut, sebaiknya menunggu beberapa saat," katanya, Jumat (13/10/2023).

Kunjung menjelaskan, suhu tubuh saat berolahraga dapat meningkat hingga 20 kali lipat dibanding saat duduk atau beristirahat. Orang yang berolahraga akan memiliki denyut nadi lebih tinggi, panas lebih tinggi, dan berkeringat.

"Bila kondisi tubuh individu tersebut sedang tidak baik atau tidak siap perubahan situasi yang terlalu drastis dalam tubuh (saat mandi), maka rentan mengalami shock," kata Kunjung, sebagaimana dikutip Kompas.com.

Dia mengatakan terdapat risiko serangan jantung mendadak jika tubuh tidak bisa menangani perubahan suhu drastis dalam tubuh karena langsung mandi setelah berolahraga.

Selain itu, dampaknya bisa berupa badan merasa tidak nyaman dan masuk angin.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x