Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Benarkah Suntik Putih Bisa Sebabkan Autoimun? Simak Penjelasan Dokter Kulit

Kompas.tv - 15 Oktober 2023, 17:05 WIB
benarkah-suntik-putih-bisa-sebabkan-autoimun-simak-penjelasan-dokter-kulit
Ilustrasi suntik putih. Benarkah menyebabkan autoimun? (Sumber: Alodokter.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Viral di media sosial sebuah video yang menyebutkan bahwa suntik putih dapat memicu terjadinya autoimun. Unggahan dari akun TikTok @anmelyani mengatakan bahwa pedangdut Cita Citata mengidap autoimun karena suntik putih.

Sebagai informasi, suntik putih adalah salah satu perawatan kulit yang banyak dilakukan oleh perempuan untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah secara instan. Sedangkan, autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Dalam pemberitaan Kompas.com pada 21 Mei 2021, Cita Citata pernah mengaku menderita autoimun yang diakibatkan banyak konsumsi vitamin obat dan suntik.

Pelantung “Goyang Dumang” itu menjalani terapi akupuntur guna mengatasi autoimun yang diidapnya.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu, 13 Tips Ini Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Benarkah suntik putih menyebabkan autoimun?

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Ismiralda Oke Putranti menjelaskan bahwa penderita autoimun sebenarnya sudah memiliki gen bawaan, hanya saja belum terekspos dan belum bermanifestasi klinis.

“Jika pada waktunya gen tersebut aktif, maka penyakit autoimun itu akan bermanifestasi klinis,” jelas Ismiralda, Sabtu (14/10/2023).

Vitamin dan antioksidan lain sebenarnya bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang berlebihan akibat proses metabolisme tubuh dan reaksi lain. Antioksidan juga sebenarnya dapat membantu reaksi inflamasi yang terjadi bila reaksi autoimun muncul.

Ismiralda menjelaskan bahwa jika bahan suntik putih yang digunakan sebatas vitamin dan antioksidan, maka seharusnya aman diberikan kepada seseorang.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x