Kompas TV lifestyle tren

6 Alasan Kenapa Tikus Bisa Bersarang di Rumah, Segera Lakukan Pencegahan

Kompas.tv - 5 Oktober 2023, 11:39 WIB
6-alasan-kenapa-tikus-bisa-bersarang-di-rumah-segera-lakukan-pencegahan
Ilustrasi tikus. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari rumah tanpa menggunakan perangkap. (Sumber: Joshua J. Cotten on Unsplash)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hewan pengerat, terutama tikus, bukanlah tamu yang diundang dalam rumah Anda.

Meskipun mereka bisa muncul sepanjang tahun, musim hujan dan cuaca dingin yang diprediksi sebentar lagi akan datang bisa menjadi waktu yang paling cocok bagi tikus untuk mencari tempat berlindung di rumah Anda.

Tikus adalah hewan yang ahli dalam menemukan jalan masuk ke rumah Anda. Mereka sering menggunakan lubang dan celah yang ada di rumah, bahkan mampu memasuki lubang yang sangat kecil dengan kecekatan luar biasa.

Baca Juga: Bingung Usir Tikus dari Dapur? Gunakan Bahan Alami Ini Supaya Hewan Pengerat Tak Masuk Lagi

Keberadaan tikus di rumah bisa mengganggu, menjijikkan, dan membawa penyakit berbahaya seperti leptospirosis, penyakit pes, dan hantavirus.

Oleh karena itu, penting untuk mengambil tindakan segera untuk mengusir tikus dari rumah Anda dan lebih baik lagi, mencegah mereka datang.

Berikut adalah beberapa penyebab umum yang membuat tikus tertarik untuk memasuki rumah Anda sebagaimana dilansir dari Purcor Pest.

Cara Tikus Masuk Rumah dan Penyebabnya

1. Kurangnya Kebersihan

Tikus tidak peduli dengan tingkat kebersihan rumah Anda, tetapi mereka sangat tertarik pada rumah yang kotor atau berantakan.

Bahkan jika Anda rajin membersihkan meja dan lantai, masih mungkin ada titik-titik yang terlupakan, seperti tumpukan koran atau surat-surat sampah yang berserakan.

Semua ini memberikan tempat bagi tikus untuk bersembunyi dan membuat sarang.

Baca Juga: Cara Basmi Tikus dari Rumah Hanya Gunakan Kantong Teh, Terbukti Ampuh!

2. Akses yang Mudah

Membiarkan celah atau bukaan di sekitar eksterior properti adalah undangan bagi tikus untuk masuk.

Tikus bisa memasuki lubang sekecil seperempat dengan mudah dan bahkan dapat mengunyah bahan bangunan untuk membuat lubang yang lebih besar. Retakan pada dinding juga menjadi pintu masuk potensial.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x