Kompas TV lifestyle kesehatan

Ketahui, Ini 6 Manfaat Minum Teh Hitam Rutin bagi Kesehatan

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 05:00 WIB
ketahui-ini-6-manfaat-minum-teh-hitam-rutin-bagi-kesehatan
Ilustrasi teh hitam. (Sumber: SHUTTERSTOCK/RBagusdiani)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teh hitam merupakan salah satu varietas teh yang sangat digemari di seluruh dunia. Ia adalah salah satu dari empat jenis teh yang dihasilkan dari daun tanaman camellia sinensis. Jenis teh lainnya meliputi teh hijau, oolong, dan putih. 

Dikutip dari uclahealth, popularitas teh hitam dan daya tariknya terletak pada karakteristiknya yang berbeda dari varietas teh lainnya. Teh hitam telah mengalami proses oksidasi yang luas, di mana sel-sel di dalam daun terpapar oksigen. 

Para ahli percaya bahwa oksidasi ini mungkin memberikan teh hitam keunggulan tertentu dibandingkan dengan teh hijau yang tidak melalui proses oksidasi. 

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Apa saja manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengonsumsi teh hitam?

Baca Juga: Bisa Berbahaya, Jangan Campur 5 Bahan Makanan Ini ke dalam Teh

Manfaat minum teh hitam setiap hari

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum teh hitam membawa manfaat signifikan bagi kesehatan jantung, terutama berkat kandungan theaflavin yang terdapat dalam teh. Theaflavin dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh. 

Selain itu, teh hitam mengandung flavonoid, sejenis antioksidan yang juga ditemukan dalam anggur merah, coklat hitam, dan kacang-kacangan. Komponen ini memiliki potensi untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

Penelitian menunjukkan bahwa setiap konsumsi secangkir teh hitam per hari dapat menghasilkan penurunan tekanan darah, mengurangi risiko kejadian kardiovaskular utama (seperti serangan jantung dan stroke), serta menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko stroke

Stroke terjadi ketika ada penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak, dan merupakan penyebab kematian kedua terbesar di dunia. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minimal dua cangkir teh setiap hari dapat mengurangi risiko stroke hingga 16 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi teh sama sekali. 

Baca Juga: Viral Imbauan Jangan Minum Teh Setelah Makan Bakso, Benarkah? Ini Penjelasan Ahli Gizi

3. Meningkatkan fokus

Berbeda dengan jenis teh lainnya, teh hitam mengandung kafein sekitar setengah dari jumlah yang terdapat dalam kopi, dan juga mengandung asam amino bernama L-theanine.

Gabungan kafein dan L-theanine dapat meningkatkan fokus dan kewaspadaan secara seimbang. 

Salah satu penelitian kecil menunjukkan bahwa minum teh hitam dapat meningkatkan kinerja kognitif, terutama dalam fungsi eksekutif dan tugas memori, dibandingkan dengan minum air putih.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x