Kompas TV lifestyle tren

Cukup Ampuh, Begini Cara Usir Lalat dengan Garam

Kompas.tv - 22 September 2023, 19:31 WIB
cukup-ampuh-begini-cara-usir-lalat-dengan-garam
Ilustasi lalat. (Sumber: Shutterstock/Giansu)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Melihat lalat yang terbang di sekitar meja makan, dapur, atau tempat sampah pasti tidak menyenangkan bagi pemilik rumah. 

Selain menghasilkan suara dengung yang mengganggu, serangga ini memiliki potensi untuk menyebar bakteri dan virus berbahaya di area yang mereka hinggapi. 

Jika seseorang sampai mengonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri yang dibawa oleh lalat, maka mereka bisa terjangkit penyakit seperti disentri, diare, kolera, atau bahkan infeksi kulit. 

Merawat kebersihan rumah dapat menjadi cara untuk mencegah kedatangan lalat ini. Selain itu, penggunaan semprotan insektisida juga bisa membantu dalam membasmi serangga ini.

Baca Juga: 7 Tanaman yang Bisa Mengusir Lalat dari Rumah Secara Alami, Apa Saja?

Namun, perlu diingat bahwa insektisida mengandung bahan kimia berbahaya, terutama jika di rumah terdapat bayi atau hewan peliharaan. 

Untuk menghindari risiko tersebut, ada pilihan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah untuk mengusir lalat, salah satunya adalah menggunakan garam.

Berikut adalah beberapa metode alternatif untuk mengusir lalat menggunakan garam:

Garam dan merica

Menurut informasi dari Housing, Anda dapat membuat semprotan alami dengan mencampurkan garam dan merica dalam air.

Setelah itu, masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot. Gunakan semprotan ini untuk mengusir lalat dari area yang sering mereka lewati.

Baca Juga: Serangan Lalat Bikin Resah Warga Lampung Selatan

Air garam

Mengutip dari dari Liv Space, larutan garam dapat digunakan sebagai semprotan insektisida alami untuk mengusir lalat.

Campurkan dua sendok makan garam ke dalam segelas air dan aduk hingga larut. Kemudian, tuangkan larutan ini ke dalam botol semprot dan semprotkan ke tempat-tempat yang sering dilalui oleh lalat.


 

Garam di tempat sampah

Dalam laporan dari Lad Bible, Anda dapat menaburkan garam meja dalam jumlah yang cukup ke dasar tempat sampah yang masih bersih. Garam akan membantu mengusir lalat yang mendarat di atas tempat sampah dan juga membunuh larva yang baru menetas serta memakan garam. 

Selain itu, garam juga dapat menyerap cairan yang mungkin bocor dari sampah.

Baca Juga: Cara Basmi Tikus dari Rumah Hanya Gunakan Kantong Teh, Terbukti Ampuh!

Dengan mengikuti metode-metode di atas, Anda dapat mencoba menggunakan garam sebagai solusi alami untuk mengatasi masalah lalat di sekitar rumah Anda.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x