Kompas TV lifestyle tren

Cara Mengusir Tikus dengan 6 Bau yang Tidak Mereka Sukai, Dijamin Kabur

Kompas.tv - 14 September 2023, 11:53 WIB
cara-mengusir-tikus-dengan-6-bau-yang-tidak-mereka-sukai-dijamin-kabur
Ilustrasi membasmi tikus. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tikus adalah hewan pengerat kecil yang seringkali menjadi masalah besar di rumah-rumah kita. Mereka merusak perabotan, meninggalkan kotoran sembarangan dan bisa menyebarkan penyakit.

Mengusir tikus dari rumah adalah prioritas. Salah satu cara yang efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan bau yang tidak disukai oleh tikus.

Artikel ini akan membahas beberapa bau yang paling tidak disukai oleh tikus dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menjaga rumah Anda tetap bebas dari tikus.

Tikus mengandalkan indra peraba dan penciuman mereka untuk bergerak di sekitar dunia mereka, karena penglihatan mereka sangat buruk.

Baca Juga: Simak Baik-baik! Ini Tanda-tanda Tikus Telah Masuk Rumah, Segera Lakukan Pencegahan

Namun, ketika menghadapi beberapa bau tertentu, mereka akan mundur. Indra penciuman mereka dapat terganggu ketika mereka berhadapan dengan aroma yang sangat kuat.

Hal ini mungkin akan membuat mereka enggan mencoba melewati area tertentu. Berikut beberapa aroma yang tak disukai tikus sebagaimana disarikan dari A Z Animals.

Bau yang Tidak Disukai Tikus

1. Cabe rawit

Cabe rawit, bersama dengan banyak jenis merica lainnya, dikenal membuat tikus menghindari suatu area. Selain memiliki bau yang kuat, merica juga mengiritasi hidung mereka.

Cara menggunakan merica ini adalah dengan menaburkan serpihan atau bubuk merica di area yang jarang dilalui oleh tikus. Namun, pastikan Anda melakukannya tanpa mengiritasi diri sendiri atau anggota keluarga Anda. Alternatifnya, Anda bisa membuat semprotan konsentrat dengan merica, sabun cuci piring, dan air, atau mencari semprotan yang sudah jadi di pasaran.

Baca Juga: Cara Usir Tikus dari Rumah secara Alami Tanpa Perangkap, Cukup Pakai Bahan-Bahan Murah Ini!

2. Kayu Manis (Cinnamon)

Kayu manis adalah bau yang sangat kuat dan dapat membuat tikus jera dan teriritasi. Namun, Anda tidak bisa hanya meletakkan batang kayu manis begitu saja.

Sebaliknya, Anda perlu merendam bola kapas dalam minyak kayu manis murni dan meletakkannya di tempat-tempat di mana Anda curiga tikus masuk ke dalam rumah Anda. Mereka akan menghindari daerah tersebut di masa mendatang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x