Kompas TV lifestyle tren

Ternyata Ini Manfaat Kecemasan yang Tidak Banyak Orang Ketahui!

Kompas.tv - 13 September 2023, 13:07 WIB
ternyata-ini-manfaat-kecemasan-yang-tidak-banyak-orang-ketahui
Melihat Manfaat Kecemasan yang Jarang Orang Ketahui (Sumber: Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV – Kecemasan atau anxiety merupakan respon alami tubuh yang mencakup perasaan takut dan khawatir atas apa yang akan terjadi. Misalnya, ketika kamu pertama kali memberikan pidato di depan banyak orang, tentunya kamu mungkin akan merasakan takut dan gugup.

Tapi tenang saja, karena itu adalah respon normal yang biasa orang alami. Namun, bagi sebagian orang, rasa cemas ini dapat ditangani dan sembuh dengan sendirinya dalam waktu singkat.

Meskipun rasa cemas dapat mengganggu kehidupan kita, ternyata ada lho manfaat yang dapat kita rasakan ketika kita mengalami kecemasan, seperti berikut ini:

Baca Juga: 6 Gejala Kebanyakan Minum Kopi, dari Haid Tidak Lancar hingga Masalah Kecemasan

Manfaat dari Kecemasan

Mungkin kebanyakan dari kita tahu bahwa kecemasan dapat mempersulit aktivitas. Padahal, kecemasan dapat menguntungkan seperti suasana hati yang negatif, yang dapat berpotensi mendorong kreativitas, sehingga seseorang yang mengalami kecemasan dapat mencapai kinerja kreatif yang lebih baik melalui fokus diri di kehidupan nyata dan pekerjaan.

Meningkatkan Motivasi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Juliane Strack, Paulo Lopes, Francisco Esteves, dan Pablo Fernandez-Berrocal pada tahun 2017 dalam Jurnal of Individual Differences, mencatat bahwa kecemasan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan motivasi dan kinerja.

Meningkatkan Produktivitas dan Kreatif

Dikutip dari jurnal Harvard Business Review pada tahun 2020, menunjukkan bahwa orang yang hidup dengan kecemasan memproses ancaman secara berbeda, serta memungkinkan mereka untuk bereaksi dengan cepat, sehingga hal ini dapat membantu individu menjadi lebih pandai, produktif, dan kreatif di lingkungan kerja.

Meningkatkan Kewaspadaan, Fokus, dan Daya Ingat

Charley Melson, seorang direktur eksekutif Program Perawatan Kecanduan Praxis oleh Landmark Recovery di Louisville, Kentucky, saat diwawancarari oleh Healthline.com, mengungkapkan bahwa kecemasan dapat digunakan oleh pelajar dan professional sebagai bentuk motivasi untuk mencapai tujuan dan memenuhi tenggat waktu.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa kecemasan dapat membantu seseorang untuk waspada dan fokus bekerja, serta meningkatkan daya ingat dalam beberapa situasi.

Baca Juga: Atasi Kecemasan hingga Kesulitan Tidur dengan Teknik Pernapasan 4-7-8

Mengelola Kecemasan

Sebuah studi yang dilakukan oleh Anna Birgitta Gunnarsson, Anna-Karin Hedberg, Carita Håkansson, Katarina Hedin, dan Petra Wagman pada tahun 2021 seperti yang dilansir oleh PubMed Central menunjukkan bahwa orang dengan kecemasan mungkin mengalami kesulitan dengan produktivitas dan mengelola pekerjaan mereka.


 

Maka dari itu, diperlukan strategi untuk membantu mengelola kecemasan, seperti yang dilansir Health.harvard.edu dan Healthline.com berikut ini:

  • Mengenali gejala kecemasan dan cara menanganinya,
  • Mempraktikkan keterampilan manajemen waktu dan organisasi,
  • Merencanakan potensi masalah dan mempersiapkan cara mengatasinya,
  • Mengomunikasikan pikiran yang membuatmu cemas dan jangan ragu untuk meminta bantuan,
  • Menetapkan batasan dan beristirahat secara teratur,
  • Merubah gaya hidup, seperti tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan,
  • Berolahraga secara teratur, dan menghindari obat-obatan atau zat-zat yang dapat menyebabkan gejala kecemasan.
  • Pendekatan pikiran-tubuh, seperti pernapasan dalam, meditasi, kesadaran, dan teknik-teknik untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan ketenangan.
  • Psikoterapi,
  • Mengonsumsi obat-obatan, seperti obat kerja singkat yang disebut benzodiazepin, yang diminum sesuai kebutuhan saat kecemasan meningkat,
  • Merencanakan liburan jika diperlukan.

Baca Juga: Gejala Pada Seseorang Dengan Gangguan Kecemasan Sosial | AYO SEHAT



Sumber : Berbagai Sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x