Kompas TV lifestyle tren

Apa Itu Girl Math, Istilah Viral di TikTok yang Jelaskan Cara Perempuan Menghabiskan Uang

Kompas.tv - 3 September 2023, 15:05 WIB
apa-itu-girl-math-istilah-viral-di-tiktok-yang-jelaskan-cara-perempuan-menghabiskan-uang
Ilustrasi girl math yang viral di TikTok. (Sumber: Unsplash/Alexander Grey)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah girl math di TikTok kini tengah banyak digunakan. Tak sedikit yang menanyakan apa itu girl math dan mengapa hal ini viral di TikTok.

Istilah girl math digunakan dalam video yang diunggah oleh akun @jazzybaby99 yang menjelaskan bagaimana dia menghabiskan uang.

“Jika aku membayar sesuatu secara tunai, itu rasanya gratis karena itu tidak mengurangi saldo rekening bank. Girl math,” kata perempuan yang ada dalam video tersebut.

“Jika aku ingin mendapatkan seni kuku dengan harga Rp500 ribu, tapi aku membatalkannya, sekarang aku punya uang lebih sebanyak Rp500 ribu yang bisa dihabiskan. Girl math,” sambungnya.

Baca Juga: Resmi! Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama September 2023, Ada Berapa Tanggal Merah?

Apa Itu Girl Math?

Girl math adalah sebuah lelucon yang digunakan untuk membenarkan pembelian dalam jumlah besar atau pembelian yang tidak perlu yang dilakukan oleh perempuan.

Istilah ini berasal dari klip acara radio Selandia Baru berjudul Fletch, Vaughan & Hayley yang menjelaskan apa itu girl math.

Dalam segmen tersebut, kru radio membantu membuktikan bahwa pembelian gaun seharga 330 dollar AS atau sekitar Rp5 juta adalah harga yang wajar. Pasalnya, gaun itu tidak hanya dikenakan satu kali saja.

Para penelepon juga berbagi kisah bahwa mereka menghabiskan uang hingga Rp15 juta untuk tas jinjing, Rp80 juta untuk konser empat malam, sampai Rp10 juta untuk pengering rambut.

Mereka memperkirakan berapa kali barang tersebut diharapkan dapat digunakan sehingga totalnya pada dasarnya gratis.



Sumber : Huffpost


BERITA LAINNYA



Close Ads x