Kompas TV lifestyle travel

Heru Budi Sebut LRT Jabodebek Sudah Layak Diresmikan Besok Senin: Sudah Bagus dan Mulus

Kompas.tv - 25 Agustus 2023, 19:30 WIB
heru-budi-sebut-lrt-jabodebek-sudah-layak-diresmikan-besok-senin-sudah-bagus-dan-mulus
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menaiki LRT Jabodebek, Jumat (25/8/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Siti Nurhaliza)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) sudah layak diresmikan pada Senin (28/8/2023) mendatang.

Hal ini disampaikan saat pengecekan kembali kesiapan operasional LRT Jabodebek di Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/8).

Baca Juga: Resmi, Pemerintah akan Beri Subsidi Tarif LRT Jabodebek, Cek Rute dan Harganya di Sini

Dalam pengecekan ini, Heru bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menempuh perjalanan sekitar satu jam dari Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat, ke Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi. 

“Bagus, mulus, tidak ada catatan. Sudah bagus,” ujar Heru Budi.

Dia menyoroti keberadaan pintu kereta yang dalam peninjauan terakhir Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat disebut tidak pas dengan pintu peron atau platform screen door. Kali ini, keberadaan pintu kereta dengan pintu peron sudah pas.

“Pintu yang tadi buka-tutup di kereta itu. Pintu kereta kan harus sama dengan pagarnya, kalau yang lalu kan bukanya di sini, pagarnya di sini, jadi tidak simetris,” jelas dia.


Soal waktu, Heru Budi menilai bahwa waktu tempuh LRT Jabodebek juga sudah baik.

Ia juga sudah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah penyangga terkait penyediaan bus pengumpan guna membantu mobilitas penumpang.

Heru Budi pun berharap, hadirnya LRT Jabodebek ini dapat menjadi salah satu pilihan transportasi publik bagi masyarakat, khususnya selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN pada 5-7 September mendatang.

Baca Juga: Catat, Tak Boleh Sembarangan Memotret dan Merekam di Kawasan LRT Jabodebek, Ini Aturannya

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersial pada 28 Agustus 2023.  

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI John Robertho yang mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan LRT Jabodebek pada tanggal tersebut. 

"Tanggal 28 (Agustus) ya, untuk diresmikan oleh Pak Jokowi," ujarnya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (21/8). 




Sumber : Antara, Kontan


BERITA LAINNYA



Close Ads x