Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Tanaman Hias Ini Ternyata Bisa Jadi Penyaring Udara, Salah Satunya Lidah Mertua

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 14:08 WIB
5-tanaman-hias-ini-ternyata-bisa-jadi-penyaring-udara-salah-satunya-lidah-mertua
Tanaman lidah mertua ternyata bisa menjadi penyaring udara. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tanaman hias memiliki kemampuan untuk menyerap racun berbahaya dari udara atau menjadi penyaring udara, khususnya di ruangan tertutup dengan sedikit pertukaran udara.

Tanaman hias ini tak sekadar mempermanis tampilan ruangan, tetapi juga mampu membersihkan udara. Mungkin tak sehebat mesin penyaring udara (air purifier), tetapi tanaman ini lebih alami dan hemat biaya.

Sebagai informasi, kualitas udara di Jakarta belakangan ini memburuk. Berdasarkan situs pemantau udara, IQAir, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta mencapai 153 pada Senin (14/8/2023) pagi dan masuk kategori tidak sehat.

Baca Juga: Dampak Jangka Pendek dan Jangka Panjang dari Polusi Udara, Bisa Sebabkan Kematian Dini

Beberapa hari yang lalu, angka AQI bahkan mencapai lebih dari 170. Jika seseorang terpapar udara yang buruk, maka kesehatannya terancam terganggu.

Untuk itu, berikut ini disajikan sejumlah tanaman hias yang bisa Anda tanam di dalam rumah untuk menyaring udara dan membuat Anda lebih tenang.

5 Tanaman Hias Penyaring Udara

Melansir NDTV, berikut beberapa tanaman hias yang bisa menyaring udara.

1. Lidah Buaya

Ilustrasi tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera. (Sumber: Unsplash/pisauikan)

Tanaman yang sering kita jumpai ini ternyata bermanfaat membantu membersihkan udara dari benzena dan formaldehida yang berasal dari benda-benda seperti karpet dan papan partikel.

Tak hanya itu, ekstraknya juga bermanfaat dalam penyembuhan luka dan masalah kulit. 

Lidah buaya membutuhkan sinar matahari yang cukup dan sedikit air. Dengan pot kecil dan sedikit tanah, Anda bisa menanamnya di dekat jendela ruang tamu dan merasakan manfaatnya.

2. Lidah Mertua

Jika Anda mencari tanaman dengan perawatan minimal yang juga efektif dalam mengatasi polusi udara dalam ruangan, tanaman ular atau lidah mertua adalah pilihan tepat. 



Sumber : NDTV



BERITA LAINNYA



Close Ads x