Kompas TV lifestyle tren

Mengenal Body Checking Seperti di Miss Universe Indonesia, Apa Tujuannya?

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 10:40 WIB
mengenal-body-checking-seperti-di-miss-universe-indonesia-apa-tujuannya
Miss Universe Indonesia 2023. Publik tengah dihebohkan dengan adanya dugaan pelecehan seksual saat body checking di ajang Miss Universe Indonesia 2023. (Sumber: Instagram)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah body checking kini tengah banyak ditanyakan menyusul kasus dugaan pelecehan seksual yang menimpa finalis Miss Universe Indonesia.

Dalam pengakuannya, terduga korban dugaan pelecehan seksual mengaku difoto saat melakukan body checking atau pemeriksaan badan. Terduga korban difoto dalam kondisi tanpa busana.

Tak hanya itu, finalis Miss Universe Indonesia lain pun mengaku disentuh bagian tubuh pribadinya selama proses body checking dilakukan.

Baca Juga: Kuasa Hukum Kumpulkan Korban Lain dalam Kasus Dugaan Pelecehan Finalis Miss Universe Indonesia

Apa itu body checking?

Mukie Muza, co-founder Indonesian Pageants yang merupakan komunitas pecinta beauty pageant (kontes kecantikan), mengatakan body checking memang banyak dilakukan dalam kontes kecantikan sebagai bagian dari penilaian.

“Sejauh perjalanan Indonesia Pageant, hal ini dilakukan pada babak preliminary dan juga malam final,” kata Mukie, Selasa (8/8/2023).

Mukie mengatakan body checking tidak dilakukan tanpa busana. Para peserta biasanya mengenakan swimwear (pakaian renang) atau sportswear (pakaian olahraga). Pelaksanaannya juga dilakukan dalam ruang tertutup.

Baca Juga: Ada Dugaan Pelecehan saat Body Checking, Polisi akan Panggil Penyelenggara Miss Universe Indonesia

Tujuan body checking

Body checking dilakukan untuk menilai fisik dan kebugaran pada finalis. Hal ini berkaitan dengan konsep dasar kontes kecantikan yang mencari sosok ambassador untuk menginspirasi khalayak melalui prinsip brain, beauty, dan behaviour.

Berkaitan dengan prinsip beauty, body checking dilakukan untuk mendapatkan figur yang dapat mencuri perhatian khalayak dengan fisiknya.


“Penilaian beauty juga meliputi kesehatan jasmani, kecantikan kulit, proporsi wajah, kesehatan rambut,” jelas Mukie, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: 5 Fakta Dugaan Pelecehan Seksual Finalis Miss Universe Indonesia: Dibentak hingga Tak Bisa Menolak

Mukie menegaskan, proses body checking juga mempertimbangkan ranah privasi para peserta. Setiap kontes kecantikan memang memiliki konsep pemeriksaan badan sendiri, tetapi memiliki batasan dalam penilaian.

Ia mencontohkan, dengan sesi swimwear yang dilakukan di kancah internasional dan sportswear untuk adaptasi di Indonesia yang bertujuan menilai kebugaran peserta. 

"Saya pun baru dengar ada hal yang diduga terjadi seperti yang ramai diberitakan," ujarnya, merujuk pada dugaan pelecehan seksual yang terjadi di Miss Universe Indonesia 2023.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x