Kompas TV lifestyle kuliner

Rawon Posisi Pertama, Ini 10 Sup Terenak di Dunia 2023 Versi Taste Atlas

Kompas.tv - 31 Juli 2023, 09:03 WIB
rawon-posisi-pertama-ini-10-sup-terenak-di-dunia-2023-versi-taste-atlas
Rawon dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia 2023 versi Taste Atlas (Sumber: Sajian Sedap via Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rawon, makanan khas Surabaya, Jawa Timur, Indonesia dinobatkan sebagai sup terenak di dunia menurut Taste Atlas.

Taste Atlas merupakan panduan wisata gastronomi yang mengumpulkan resep-resep masakan autentik dan ulasan para pakar gastronomi.

Daftar sup terenak di dunia ini didasarkan peringkat audiens TasteAtlas, dengan serangkaian mekanisme yang mengabaikan bot, nasionalis, atau patriotik lokal.

Dalam daftar “10 Best Rated Soups in the World” yang dirilis pada 28 Juli 2023 lalu, Rawon mengalahkan Tonkatsu Ramen asal Jepang dan Tom Kha Gai, Thailand.

Baca Juga: Resep Rawon Empuk Khas Surabaya, Alternatif Olahan Daging Sapi Iduladha 1443 Hijriah

"Rawon adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, kacang hitam Indonesia," bunyi ulasan Taste Atlas.

Kluwek mentah yang biasanya beracun, kemudian difermentasi dan digiling dengan rempah-rempah lainnya. Perpaduan itulah yang memberikan hidangan rasa yang gurig dan asam.

Konon, satu hal yang tidak akan berubah dari rawon adalah menggunakan daging sapi (khusus untuk rawon) atau bagian buntut sapi.

Daging yang ada di rawon tidak pernah diganti dengan daging ayam atau ragam sari laut lainnya. Kekhasan rawon juga ada di bagian nasi adalah imbuhan sambal rawon. 

Berikut daftar sup terenak di dunia 2023 versi Taste Atlas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x