Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Bau yang Dibenci Nyamuk, Cara Ampuh untuk Mengusir Serangga Ini dari Kamar

Kompas.tv - 29 Juli 2023, 07:40 WIB
9-bau-yang-dibenci-nyamuk-cara-ampuh-untuk-mengusir-serangga-ini-dari-kamar
Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mengusir nyamuk yang ampuh bisa dilakukan dengan cara alami tanpa menggunakan obat nyamuk semprot maupun bakar.

Salah satunya dengan meletakkan benda atau bahan dapur yang aromanya dibenci nyamuk di sudut-sudut ruangan yang biasanya menjadi sarang nyamuk.

Mempelajari cara mengusir nyamuk adalah langkah penting untuk melindungi rumah dan orang-orang tersayang yang ada di dalamnya.

Terkait hal ini, ada beberapa aroma alami yang bisa Anda gunakan di rumah untuk mengusir nyamuk. Beberapa di antaranya hanya menggunakan bahan dapur.

1. Bawang putih

Bawang putih termasuk bahan dapur pengusir nyamuk yang efektif. Aromanya yang kuat membuat serangga ini menghindar.

Cara penggunaan pun cukup mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa potongan bawang putih di sudut ruangan yang biasanya jadin sarang nyamuk.

2. Serai

Batang serai biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak berbagai jenis makanan. Namun ternyata bahan dapur ini juga bisa untuk mengusir nyamuk.

Baca Juga: Sudah Tahu Virus Selain DBD yang Bisa Ditularkan oleh Nyamuk ke Tubuh Kita?| SINAU

Tanaman  mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronela yang bisa digunakan sebagai obat nyamuk semprot.

Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk cukup meletakkan tanaman ini di sudut ruangan atau menjadikannya sebagai semprotan.

Jika digunakan sebagai semprotan, haluskan terlebih dahulu agar aromanya keluar. Lalu masukan dalam wadah dan campurkan dengan air dalam botol semprotan sebagai cairan semprotan. Setelah itu cairan tersebut dapat disemprotkan ke ruangan yang dirasa banyak nyamuk bersarang.

3. Minyak kayu putih

Mnyak kayu putih rupanya bisa jadi bahan alami yang bisa kita gunakan untuk terhindar dari gigitan nyamuk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x