Kompas TV lifestyle travel

Perkiraan Biaya Umrah Plus Wisata ke Arab Saudi

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 20:08 WIB
perkiraan-biaya-umrah-plus-wisata-ke-arab-saudi
Ilustrasi. Berbagai pihak kini menawarkan layanan umrah sekaligus wisata ke Arab Saudi. Perkiraan biaya untuk umrah sekaligus berwisata ke Arab Saudi menurut salah satu pelaku usaha adalah paling sedikit Rp35 juta, belum termasuk uang saku. (Sumber: KompasTV/Agung Pribadi)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbagai pihak kini menawarkan layanan umrah sekaligus wisata ke Arab Saudi. Perkiraan biaya untuk umrah sekaligus berwisata ke Arab Saudi menurut salah satu pelaku usaha adalah paling sedikit Rp35 juta, belum termasuk uang saku.

Manajer Umrah PT Qoryatul Hayyat Harun menyebut destinasi wisata Arab Saudi yang bisa dikunjungi sekaligus umrah tergantung permintaan klien. Tarif bepergian pun dapat bervariasi tergantung destinasi yang dipilih klien.

"Bisa by request, secara destinasi banyak yang sudah di-highlight sama Arab Saudi. Tergantung klien mau gimana wisatanya," kata Harun dikutip Kompas.com, Jumat (21/7/2023) kemarin.

Umumnya, paket umrah ke Arab Saudi berdurasi selama sembilan hari dan ditambah dua atau tiga hari untuk berwisata. Namun, klien juga bisa membuat permintaan rangkaian wisata sekaligus umrah yang memakan waktu 12 atau 16 hari.

Baca Juga: Warga Saudi Kini Bisa Undang Teman Muslim Luar Negeri untuk Umrah dengan Visa Kunjungan Pribadi

Harun menyampaikan, biaya umrah sekaligus wisata ke Arab Saudi sebagian besar dihabiskan untuk akomodasi seperti tiket pulang-pergi dan hotel. Pasalnya, kebanyakan tempat wisata bersejarah di Arab Saudi tidak dikenakan tarif tiket masuk.

Sementara itu, Direktur PT Arminareka Perdana Riani Rilanda juga mengakui bahwa harga umrah sekaligus wisata bervariasi. Secara umum, biaya paket umrah paling murah di kisaran Rp30 jutaan.

"Harganya variatif. Kalau regular schedule sekali sebulan itu Rp35 juta ke atas. Tapi kalau mau private, nanti kami arrange tergantung jumlah orang dan permintaan," kata Riani.

Perjalanan umrah reguler sendiri biasanya berkapasitas 40-45 orang. Sedangkan umrah lebih privat dengan kapasitas 10-20 orang biayanya berkisar di atas Rp50 juta.

Harun menjelaskan bahwa variasi biaya umrah plus wisata tergantung fasilitas yang disediakan seperti hotel, pesawat, dan tempat wisata yang didatangi.

Mengenai tiket pesawat, harga tiket tergantung dengan kelas, tujuan awal, serta periode keberangkatan.

"Harga normal bisa Rp8 juta sekali pergi, tapi kalau lagi high season bisa sampai Rp16 juta sekali jalan ke Arab Saudi," kata Harun.

Riani Rilanda sendiri menyampaikan bahwa tiket pesawat pulang-pergi Indonesia-Arab Saudi berkisar mulai dari Rp14 juta.

Selain itu, ia menyebut hotel Arab Saudi cukup mahal sehingga memakan biaya banyak dalam paket umrah.

Harun menyebut bahwa rata-rata harga hotel bintang tiga di Arab Saudi berkisar antara USD200-250 atau sekitar Rp3,5 juta. Untuk hotel bintang lima harganya sekitar Rp9 juta-10 juta.

Sementara itu, harga tiket destinasi wisata di Arab Saudi disebut relatif terjangkau. Harga tiket museum rata-rata berkisar 10-20 real atau sekitar Rp40.000 hingga Rp80.000-an.

Untuk atraksi lain seperti balon udara, menyelam, dan lain-lain sekitar Rp200.000-300.000.

Baca Juga: Viral Jemaah Haji asal Makassar Pakai Perhiasan Emas dari Arab Saudi, Ini Ketentuan dari Bea Cukai


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x