Kompas TV lifestyle tren

Persaingan Kian Panas, Twitter Blokir Akses Langsung ke Threads

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 14:40 WIB
persaingan-kian-panas-twitter-blokir-akses-langsung-ke-threads
Persaingan antara Twitter dengan aplikasi baru Threads besutan Meta kian memanas. Twitter baru saja memblokir akses langsung berupa link atau tautan ke Threads. (Sumber: Business Insider)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Persaingan antara Twitter dengan aplikasi baru Threads besutan Meta kian memanas. Twitter baru saja memblokir akses langsung berupa link atau tautan ke Threads.

Sehingga jika saat ini pengguna Twitter mengetik "url:threads.net," di kolom pencarian Twitter, maka baik di pencarian terbaru dan jenis pencarian lainnya, tidak ada hasil untuk kata kunci tersebut.

Mengutip Antara, Rabu (12/7/2023), pakar teknologi asal Amerika Serikat (AS) Andy Baio mengatakan, biasanya saat pengguna Twitter menggunakan pencarian dengan kata kunci "url", maka sistem pencarian akan menarik cuitan apa pun dengan tautan ke situs web yang ditentukan.

Namun, hal itu kini tidak akan menghasilkan apa pun. Padahal, ada cukup banyak kreator konten yang mencuit dan menyertakan tautan threads.net.

Meski begitu, ketika dilakukan pencarian yang lebih sederhana tanpa embel-embel "url.", mesin pencarian Twitter masih dapat menunjukkan pengguna Twitter yang mencuit dan mempromosikan akun Threads mereka.

Baca Juga: Rupanya Ini Izin dan Akses di HP yang Diminta Threads| SINAU

Belum diketahui waktu pasti sejak kapan Twitter memblokir secara khusus tautan langsung menuju Threads. Namun yang jelas, ini bukan kali pertama Twitter melakukan hal serupa pada aplikasi pesaingnya.

Misalnya seperti saat platform buletin Substack meluncurkan fitur diskusi, ada banyak pengguna Twitter yang mempromosikannya.

Setelah itu, tak lama Twitter mulai menyensor tautan tersebut dengan membuat unggahan berkaitan tidak bisa dibalas, disukai, hingga dicuit ulang.


Diberitakan Kompas TV sebelumnya, Threads telah mencapai 100 juta pengguna dalam waktu lima hari sejak peluncurannya pada Rabu (5/7/2023) lalu. 

Pencapaian yang diraih Threads itu melampaui platform kecerdasan buatan ChatGPT milik OpenAI. ChatGPT baru mencapai 100 juta pengguna setelah dua bulan sejak tanggal peluncurannya.



Sumber : Antara/Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x