Kompas TV lifestyle kesehatan

Antraks Bisa Menjadi Senjata Biologis, Kemenkes Minta Masyarakat Waspada Bahaya Wabah Ini

Kompas.tv - 10 Juli 2023, 06:20 WIB
antraks-bisa-menjadi-senjata-biologis-kemenkes-minta-masyarakat-waspada-bahaya-wabah-ini
Petugas Mengubur Sapi uang Mati diduga akibat Antraks di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Sumber: Dok Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul/Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit antraks yang belakangan ini jumlah kasusnya meningkat.

Seperti yang diketahui, dalam beberapa hari ini, penyakit antraks kembali menjadi sorotan karena telah menimbulkan korban jiwa di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kemenkes mengungkapkan, kasus antraks memang tiap tahunnya selalu ada kasus yang dilaporkan, begitu juga di wilayah Gunungkidul.

Spora antraks yang bisa bertahan lama hingga puluhan tahun pun bisa menginfeksi masyarakat yang kurang berhati-hati.

Maka dari itu, Kemenkes pun mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit antraks yang dampaknya cukup mematikan. Terutama yang bertipe pernapasan yang mempunyai fatality rate hingga 80 persen.

Bahkan menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Imran Pambudi, karena saking bahayanya, antraks bisa dijadikan senjata biologis.

"Adanya antraks itu bisa menjadi bio-weapons (atau) senjata biologis. Mungkin teman-teman pernah dengar antraks bisa digunakan teroris untuk meneror suatu wilayah," ungkap Imran dalam konferensi pers virtual dikutip dari Tribunnews, Minggu (9/7/2023).

Baca Juga: Jangan Sampai Tertular, Ini Ciri-Ciri Daging yang Terkontaminasi Antraks

Oleh karena itu, Imran meminta masyarakat agar kewaspadaan perlu ditingkatkan bersama, terutama untuk di daerah-daerah endemis.

"Sehingga sekali lagi kami menyampaikan bahwa yang tadi masalah hewan mati itu jangan dikonsumsi. Itu sangat penting dipatuhi," tegas Imran.

Menurut, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Antraks, yang juga dikenal sebagai penyakit Woolsorters, adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh bakteri bernama Bacillus anthracis. Penyakit ini dapat menginfeksi hewan maupun manusia.

Antraks dapat menular melalui tiga cara utama, melalui paparan langsung terhadap spora Bacillus anthracis, mengonsumsi daging hewan yang terinfeksi, atau kontak dengan barang-barang yang terkontaminasi oleh spora tersebut.

Pada manusia, antraks dapat menginfeksi kulit, saluran pernapasan, atau saluran pencernaan. Gejala antraks pada kulit biasanya berupa lesi kulit yang muncul dengan pembengkakan dan nyeri. 

Antraks paru-paru dapat menyebabkan gejala seperti demam, batuk berdahak berdarah, sesak napas, dan sakit dada. Sedangkan antraks usus dapat menimbulkan gejala mual, muntah, diare berdarah, dan nyeri perut.

Baca Juga: Dinas Kesehatan Gunungkidul Singgung soal Kejadian Luar Biasa Antraks


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x