Kompas TV lifestyle kesehatan

Tetap Jaga Kesehatan di Hari Raya Iduladha, Jangan Konsumsi Daging Lebih dari 70 Gram per Hari

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 14:37 WIB
tetap-jaga-kesehatan-di-hari-raya-iduladha-jangan-konsumsi-daging-lebih-dari-70-gram-per-hari
Ilustrasi daging kurban. Demi menjaga kesehatan di Hari Raya Iduladha 2023, jangan mengonsumsi daging lebih dari 70 gram per hari. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari raya Iduladha sangat identik dengan perayaan santapan daging, sebab umat Islam akan menerima daging kurban, baik berupa kambing maupun sapi secara gratis. 

Warga pun biasanya menikmati daging kurban dengan berbagai cara dan menu, seperti dibakar atau diolah menggunakan kuah yang lezat.  

Dikutip dari Healthy Food, daging merupakan sumber protein yang sangat baik, serta mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh. 

Tetapi, jika seseorang mengonsumsi daging secara berlebihan justru akan menimbulkan risiko berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan lemak jenuh di daging sapi dan kambing memiliki kadar kolesterol tinggi yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga: 7 Bumbu Sate Kambing Sebelum Dibakar untuk Sajian Iduladha 2023, Ini Cara Biar Empuk dan Tak Prengus

Healthy Food merekomendasikan, untuk memenuhi kebutuhan zat besi dalam sepekan, tubuh seseorang membutuhkan 455 gram daging merah (tanpa lemak).

Sedangkan untuk konsumsi daging merah yang aman dalam sehari adalah maksimal 70 gram. 

Sebagai gambaran, 90 gram daging setara dengan sekitar 3 irisan tipis daging sapi atau kambing, setiap irisannya kira-kira berukurang setengah potong roti.

Selain itu, cara memasak juga berpengaruh, sebisa mungkin lemak harus disingkirkan dari daging saat dimasak. 

Memangkas lemak dari daging dan memilih potongan tanpa lemak adalah salah satu cara untuk menurunkan asupan lemak jenuh agar tidak menyebabkan penyakit.

Risiko kebanyakan makan daging merah akan semakin meningkat jika daging dimasak dengan cara dibakar atau digoreng.

Cara Menurunkan Kolesterol setelah Makan Daging Kurban

1. Jaga pola makan dan gaya hidup sehat

Dokter spesialis gizi dr Samuel Oetoro, Sp.GK mengatakan, untuk mencegah penyakit yang diakibatkan oleh kolesterol tinggi, sebaiknya menjaga pola makan dan gaya hidup sehat.

"Itu masalah kebiasaan, kalau dia kebiasaaannya sudah sehat, tidak apa-apa, sebelum-sebelumnya jangan konsumsi berlebih, menjaga diri, menerapkan pola hidup sehat," ujar Samuel.

"Kalau mau konsumsi daging kambing, pilih yang kambing muda, karena kadar kolesterolnya rendah," lanjut dia dikutip dari Kompas.com (31/7/2020).

2. Imbangi dengan sayur dan buah

Samuel menyarankan agar dalam mengonsumsi daging sapi atau kambing sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Serat tinggi yang terkandung dalam sayur dan buah, menurutnya, dapat menyerap lemak dari daging yang dikonsumsi.

Hal yang sama juga disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari RS Hermina Ciputat, Tangerang Selatan, dr Dian Permatasari.

Menurutnya, tak ada makanan spesifik yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.



Sumber : Healthy Food/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x