Kompas TV lifestyle kesehatan

Hari Vitiligo Sedunia 25 Juni, Kenali Apa Penyakit Itu, Penyebab dan Cara Menanganinya

Kompas.tv - 25 Juni 2023, 06:00 WIB
hari-vitiligo-sedunia-25-juni-kenali-apa-penyakit-itu-penyebab-dan-cara-menanganinya
Hari Vitiligo Sedunia diperingati tiap 25 Juni (Sumber: Very Well Health)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Vitiligo Sedunia diperingati tiap 25 Juni setiap tahunnya untuk menyebarkan kesadaran akan penyakit langka bernama vitiligo dan memberi dukungan kepada mereka yang tengah berjuang melawan penyakit ini.

Hari Vitiligo Sedunia pertama diadakan pada tahun 2011 oleh  organisasi nirlaba VR Foundation (USA) dan VITSAF (Nigeria).

Saat itu, tujuan peringatan Hari Vitiligo adalah untuk lebih memberi sorotan terhadap penyakit vitiligo ke mata publik, dan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh mereka yang menderita vitiligo.

Apa Itu Vitiligo?

Melansir Siloam Hospital, Minggu (25/6/2023), vitiligo adalah kondisi yang terjadi ketika kulit tidak dapat memproduksi melanin atau senyawa yang menentukan warna kulit. 

Penyakit ini dapat menyebabkan kulit tampak belang karena warna kulit asli akan hilang di area tertentu. Pada dasarnya, penyakit vitiligo tidaklah menular ataupun berbahaya. 

Baca Juga: Vitiligo Tak Bisa Hilang Hingga Penderita Memiliki Risiko Lebih Tinggi Terkena Melanoma! | AYO SEHAT

Seringkali penderita vitiligo jadi kurang percaya diri karena penampilan warna kulit yang berbeda. Selain itu, vitiligo juga sulit disembuhkan secara total.

Penyebab Vitiligo

Penyakit kulit vitiligo dialami oleh 1:100 orang di dunia. Prevelansi munculnya penyakit ini mungkin tidak banyak, tapi penyakit ini dapat terjadi di semua usia. 

Mengutip Healthline, tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan sel pigmen (melanosit) mati atau berhenti memproduksi melanin. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin terkait dengan vitiligo, termasuk:

1. Gangguan sistem kekebalan (kondisi autoimun)

Para ilmuwan percaya bahwa autoimun berperan dalam vitiligo. Saat itulah sistem kekebalan secara keliru mengidentifikasi bagian tubuh (dalam hal ini sel yang disebut melanosit) sebagai benda asing dan mulai menyerang.

Orang dengan penyakit autoimun lainnya, khususnya penyakit Hashimoto (yang memengaruhi kelenjar tiroid) dan Alopecia (yang membuat rambut rontok), lebih mungkin terkena vitiligo juga.

Secara khusus, para ahli berpikir bahwa jenis vitiligo yang terkait dengan autoimun adalalah vitiligo non-segmental.

Vitiligo non-segmental adalah hanya merusak melanosit di satu sisi tubuh. Sejauh ini, kaitan antara vitiligo dan gangguan autoimun lainnya hanyalah sebuah hipotesa.

2. Keturunan

Vitiligo dapat diturunkan dalam keluarga, tetapi sebenarnya tidak sesering yang mungkin kita kira. Pasalnya, pada sebagian besar kasus vitiligo, tidak ada riwayat keluarga.

Sementara banyak orang bertanya-tanya apakah vitiligo adalah keturunan, masih sulit untuk memprediksi apakah seseorang akan terjangkit vitiligo atau tidak berdasarkan anggota keluarga dengan kondisi tersebut.


3. Trauma fisik



Sumber : Siloam Hospitals, Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x