Kompas TV lifestyle kesehatan

Jarang Disadari, Ini 4 Gejala Awal Kanker Ovarium, Perut Kembung hingga Nyeri Panggul

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 07:05 WIB
jarang-disadari-ini-4-gejala-awal-kanker-ovarium-perut-kembung-hingga-nyeri-panggul
Ilustrasi kanker ovarisum. (Sumber: -)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salah satu jenis kanker yang cukup banyak menyerang wanita adalah kanker ovarium. 

Namun, sangat disayangkan bahwa gejala awal kanker ovarium sering tidak disadari karena cenderung seperti penyakit biasa.

Padahal, salah satu upaya pencegahan, penanganan hingga angka kesintasan pasien kanker ovarium bisa ditekan agar tidak semakin banyak bila diketahui atau dipahami sejak awal. 

Menurut The Global Burden of Cancer Study (Globocan) 2020, kanker ovarium merupakan kanker paling mematikan peringkat ketiga di antara perempuan di Indonesia, dengan total kasus mencapai 14.896 dan menyebabkan kematian pada 9.581 perempuan.

Baca Juga: Tuntas Atasi Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi | Bincang Kita

Mengapa banyak menyerang perempuan? Hal ini terjadi karena jenis kanker satu ini menyerang jaringan indung telur atau ovarium. Oleh sebab itu, perempuan yang memiliki indung telur dapat beresiko terkena kanker tersebut. 

Dr Theresia Sandra Diah Ratih, MHA, Ketua Tim Kerja Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI mengatakan, setiap tahunnya kanker ovarium dapat menyerang puluhan ribu perempuan dan merenggut ribuan nyawa.

Selain berdampak pada kesehatan individu maupun negara, jumlah penderita kanker di Indonesia yang terus meningkat akan menjadi penyebab utama meningkatnya beban ekonomi, baik bagi individu pasien, keluarga, maupun negara. 

Baca Juga: Adakah Pengobatan Kanker Tanpa Operasi? | Bincang KIta

"Untuk mengendalikan penyakit kanker, Kementerian Kesehatan RI telah melakukan upaya pendekatan pengendalian faktor risiko dan deteksi dini yang tertuang dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) pengendalian kanker tahun 2020 - 2024," kata dr Theresia, Sabtu (27/5/2023), dikutip dari Kompas.com. 

Gejala awal kanker ovarium yang jarang disadari

Kesadaran mengenai gejala awal kanker ovarium ini perlu ditingkatkan dalam masyarakat, demi mendapatkan perawatan yang baik dari tenaga kesehatan hingga kualitas hidup pasien yang lebih baik.

Berdasarkan data dari Ovarian Cancer Early Detection, Diagnosis, and Staging, hanya 20 persen dari pasien kanker ovarium yang terdeteksi pada stadium awal, dan 94 di antaranya berhasil mencapai harapan hidup lebih dari lima tahun.

Sehingga dalam hal ini, diharapkan pasien yang didiagnosis dengan kanker ovarium harus mendapatkan penanganan segera, terutama jika beberapa gejala awal kanker ovarium mulai dirasakan. 

Baca Juga: Sembuhkan Kanker Tanpa Operasi | Bincang Kita

Dr Toto Imam Soeparmono, SpOG, K.Onk, MH, Dokter Spesialis Ginekologi Onkologi pun membagikan sejumlah gejala awal dari kanker ovarium yang jarang disadari.

Perut kembung

Pada umumnya, indung telur yang sehat berukuran sekitar 3 cm. Namun karena pertumbuhan sel kanker, ukurannya bisa membesar hingga 5 cm atau lebih. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x