Kompas TV lifestyle kesehatan

Adakah Efek Samping Makan Semangka Terlalu Banyak?

Kompas.tv - 6 Juni 2023, 06:58 WIB
adakah-efek-samping-makan-semangka-terlalu-banyak
Kaya akan air, buah semangka cocok untuk disantap saat sahur. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Semangka termasuk salah satu buah favorit atau banyak dikonsumsi. Selain rasanya yang manis, berair dan segar, ia juga memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan seperti buah-buahan lainnya.

Oleh sebab itu, buah-buahan dan khususnya semangka bisa menjadi bagian penting dari pola makan yang sehat. 

Selain itu, semangka juga memiliki sumber vitamin A dan C yang baik, serta antioksidan lycopene, yang dikenal karena kemampuannya melawan kanker dan menyehatkan jantung.

Namun, perlu menjadi perhatian bahwa mengkonsumsi apapun dengan berlebihan akan menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan. Begitupun dengan mengkonsumsi semangka. 

Baca Juga: Bangkit Dari Sakit, Sukses Buka Wisata Petik Semangka

Efek samping terlalu banyak makan semangka

Dilansir dari Heathline, ada beberapa efek samping dari makan semangka yang berlebihan, berikut adalah penjelasannya: 

Dapat menyebabkan masalah pencernaan

Semangka memiliki kandungan FODMAP yang tinggi, kandungan tersebut menyebabkan ketidaknyamanan perut, kembung, gas dan diare, apabila dikonsumsi terlalu banyak. 

FODMAP sendiri adalah akronim yang mengacu pada sekelompok karbohidrat rantai pendek yang dapat difermentasi yang tidak dapat dicerna atau diserap secara perlahan di usus kecil. Ini termasuk oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol. 

Makanan dengan FODMAP rendah biasanya akan lebih disarankan oleh ahli gizi untuk orang yang memiliki iritasi usus besar (IBS). 


 

Seperti yang kita ketahui bahwa semangka memiliki rasa yang manis, ini disebabkan karena kandungan fruktosa pada semangka yang tinggi. Selain itu, hal ini juga yang membuat semangka dianggap makanan FODMAP oleh para ahli gizi. 

Baca Juga: Semangka Untuk Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Berat, Memang Bisa?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x