Kompas TV lifestyle tren

Kumpulan Ucapan Selamat Idulfitri 2023/1444 H dalam Bahasa Jawa

Kompas.tv - 20 April 2023, 06:50 WIB
kumpulan-ucapan-selamat-idulfitri-2023-1444-h-dalam-bahasa-jawa
Ilustrasi sungkem saat momen Idulfitri 2023 atau Lebaran. Ini ucapan dalam bahasa Jawa dan artinya. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada
Ilustrasi sungkem saat momen Idulfitri 2023 atau Lebaran. Ini ucapan dalam bahasa Jawa dan artinya. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023 segera tiba. Bagi umat Islam di Indonesia, momen ini menjadi salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu.

Selain menjadi waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman, Idulfitri juga menjadi momentum untuk memohon maaf atas kesalahan yang telah dilakukan selama setahun.

Bagi Anda yang ingin memberikan ucapan selamat Idul Fitri 2023 dalam bahasa Jawa, kami telah merangkum beberapa kalimat yang cocok untuk berbagi kebahagiaan dan permohonan maaf.

Baca Juga: Lebaran 2023 Jumat atau Sabtu? Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini di 123 Titik Pantau Hilal

Beberapa kalimat yang kerap diucapkan dalam bahasa Jawa adalah sugeng riyadi, nyuwun pangapunten sedaya kalepatan kula yang berarti selamat hari raya Idulfitri, saya minta maaf atas kesalahan saya.

Ucapan Selamat Idul Fitri dalam Bahasa Jawa

Sugeng Riyadi, Sedoyo Kalepatan Kulo Nyuwun Pangapunten

  • Artinya: Selamat Idul Fitri/Lebaran, saya minta maaf untuk semua kesalahan. Ucapan ini merupakan ungkapan yang paling umum digunakan saat Lebaran tiba.

Kulo Meniko Dados Anak Gadah Katah Sanget Kalepatanipun Dumatheng Tiyang Sepah

  • Artinya: Saya adalah anak yang memiliki banyak kesalahan kepada orang tua. Oleh karena itu, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada orang tua saya.

Sugeng Riyadi Kagem Panjenengan Sedaya, Sagung Kalepatan Nyuwun Diparingi Pangapura

  • Artinya: Selamat Idul Fitri untuk Anda semua, mohon maaf untuk segala kesalahan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri 2023 Bahasa Jawa untuk Orangtua

Wonten Dinten Riyoyo, Menawi Lepat Kulo Nyuwun Ngapuro, Mugi-Mugi Allah Maringi Pepadang Kagem Sedoyo

  • Artinya: Pada hari yang Fitri ini, jika ada kesalahan, mohon dimaafkan. Semoga Allah memberi petunjuk bagi kita semua.

Ngaturaken Wilujeng Idul Fitri Nyuwun Agunging Pangapunten, Mugi Kito Kanugrahan Jatining Fitrah Saking Gusti Ingkang Moho Pemurah

  • Artinya: Mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kita dianugerahi kesucian fitrah dari Tuhan Yang Maha Pemurah.

 

Kawulo Nyuwun Agunging Pangapunten Sedanten Kalepatan Kulo, Ngaturaken Sugeng Riyadi Kagem Bapak Lan Ibu Sak Keluargo Mugi Tansah Sehat Lan Sentoso

  • Artinya: Saya memohon maaf atas segala kesalahan, mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Bapak, Ibu, dan seluruh keluarga. Semoga selalu sehat dan sejahtera.

Ngaturaken Sugeng Riyadi 1 Syawal 1444 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqobbal Ya Karim, Kullu Amin Wa Antum Bikhoir

  • Artinya: Mengucapkan selamat Idulfitri 1 Syawal 1444 H, semoga Allah menerima amal ibadah kita dan Anda, ya Karim. Semoga kita semua selalu dalam kebaikan.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Raya Idulfitri 2023 untuk Teman, Rekan Kerja hingga Calon Mertua

Mugi Gusti Allah Tansah Paring Hidayah, Maghfiroh Soho Barokah Dumateng Kito Sedoyo, Rahayu Ingkang Tinemu, Sambodo Ingkang Sinedyo, Jumbuh Ingkang Ginayuh

  • Artinya: Semoga Allah senantiasa memberi hidayah, ampunan, dan berkah kepada kita semua. Keselamatan yang kita temui, keberkahan yang kita niatkan, dan kebersamaan yang kita jaga.

Sucining Ati Tumatining Laku Ngaturaken Sugeng Riyadi, Bilih Wonten Kelepatan, Kulo Nyuwun Agunging Samudro Pangaksami

  • Artinya: Dengan tulus hati dan kesucian laku, saya mengucapkan selamat Idul Fitri. Jika ada kesalahan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x