Kompas TV lifestyle tren

Hindari Topik Pembicaraan Ini di Kantor!

Kompas.tv - 11 April 2023, 16:00 WIB
hindari-topik-pembicaraan-ini-di-kantor
Ada beberapa topik yang perlu dihindari saat ingin berbincang dengan teman kantor. (Sumber: Freepik/Rawpixel)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berkomunikasi dan berdiskusi dengan rekan kerja di kantor berguna untuk meningkatkan relasi satu sama lain. Namun, ada beberapa topik pembicaraan sensitif yang sebaiknya dihindari.

Pasalnya, topik pembicaraan ini akan menimbulkan rasa aneh, kaku, atau tidak nyaman antara rekan kerja. Hal ini pun dibahas dalam siniar Obsesif bertajuk “Tangani Pembicaraan Sensitif di Tempat Kerja” dengan tautan akses dik.si/ObsesifS8EP12.

Menurut Walden University, berikut adalah enam topik pembicaraan sensitif yang harus dihindari di kantor.

Permasalahan Keluarga

Masalah yang terjadi dalam keluarga sebaiknya tidak dibicarakan dengan rekan kerja di kantor. Pasalnya, permasalahan ini bisa mengganggu fokus dan kinerja karyawan di kantor.

Selain itu, membicarakan masalah keluarga pun dapat membuat seseorang terlihat lemah, terlebih jika orang tersebut memiliki bawahan. Hal itu dapat menciptakan rumor dan sumber gosip di kantor.

Kehidupan Seks

Jangan pernah diskusikan tentang kehidupan seksual dengan rekan kerja di kantor. Tidak ada satu alasan pun untuk mereka perlu mengetahui apa yang terjadi pada kehidupan seks setiap pasangan.

Agama

Topik tentang agama memang banyak dibicarakan di berbagai kesempatan, namun sebaiknya tidak dibicarakan di kantor. Pasalnya, keyakinan adalah hal yang sensitif dan sangat pribadi.

Politik

Politik juga merupakan topik yang rentan dibicarakan. Pembicaraan ini dikhawatirkan dapat memicu perdebatan, kesalahpahaman, hingga permusuhan dan berakhirnya hubungan bak yang selama ini telah dibangun.

Baca Juga: Pentingnya Sikap Rendah Hati untuk Pemimpin



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x