Kompas TV kuliner cerita rasa

Mie Sedap, Mie Asli Sabang Yang Memang Sedap!

Kompas.tv - 22 April 2020, 10:50 WIB
Penulis : Aryo bimo

ACEH, KOMPAS.TV - Pulau Weh merupakan kota terbesar di Sabang. Untuk mencapai Sabang dari Banda Aceh terdapat dua jenis kapal pengangkut orang atau barang untuk menyeberang. Perjalanan ditempuh dalam waktu 45 menit dengan menggunakan kapal cepat.

Dalam perjalanan kali ini Benu ditemani oleh Dewi Isra, mantan putri pariwisata Aceh 2017. Perjalanan kuliner kali bertujuan untuk mencoba Mie Sedap, mie asli Sabang yang tidak memiliki cabang dimanapun. 

Kedai Mie Sedap yang dimiliki oleh Thomas ini sudah ada sejak tahun 1940 an. Thomas sendiri merupakan generasi ketiga yang melanjutkan usaha keluarga. 

Mie yang digunakan adalah mie buatan sendiri dengan bahan tepung dan telur saja. Mie ini lebih sehat karena dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna. 

Hidangan mie sedap ini disajikan dengan menggunakan olahan daging ikan, berbeda dengan hidangan mie yang biasanya menggunakan olahan daging ayam. Ikan yang digunakan adalah ikan pisang-pisang yang memang melimpah di sekitar perairan Sabang. Ikan dipotong kecil-kecil untuk kemudian dimasak dalam bumbu kecap.

Mie Sedap dibanderol dengan harga Rp 12.000,- per porsinya. Mie Sedap beralamat di Jalan Perdagangan No.48, Sabang, Aceh. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x