Kompas TV kuliner cerita rasa

Muktamar ke- 48 Muhammadiyah Digelar, Peserta Bisa Kulineran Lima Makanan Khas Solo Ini

Kompas.tv - 17 November 2022, 12:11 WIB
muktamar-ke-48-muhammadiyah-digelar-peserta-bisa-kulineran-lima-makanan-khas-solo-ini
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV – Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan digelar pada 18-20 November 2022 di Surakarta, Jawa Tengah. Ribuan orang dikabarkan akan datang dalam acara ini.

Muktamar adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah. Selain momen regenerasi, Muktamar adalah momen silaturahmi dan kolaborasi warga persyarikatan se-Indonesia bahkan Dunia.

Sembari menghadiri acara tersebut, bagi para peserta Muktamar 48 bisa turut memanfaatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Solo.

Cita rasa makanan khas Solo disebut-sebut terbentuk dari akulturasi suku Jawa, Cina, dan Arab di masa lalu hingga sekarang. Rata-rata kuliner khas Solo pun mempunyai cita rasa gurih dan manis.

Ada lima rekomendasi makanan saat bertandang ke Solo yang patut dicoba yaitu, sup matahari, nasi liwet, nasi timlo, sate buntel dan selat solo.

1. Sup Matahari

Sup matahari (Sumber: TribunJateng/Hermawan Handaka)

Sup Matahari adalah kuliner khas Solo atau Surakarta kini bisa ditemukan dengan mudah. Pasalnya, kuliner ini sebelumnya hanya bisa dinikmati saat pada saat acara pernikahan saja.

Tempat makan di Kota Solo yang menjual makanan tradisional Selat Solo, biasanya juga akna menjual menu Sup Matahari ini.

Baca Juga: Berkunjung ke Solo Jangan Lupa Lima Macam Oleh-Oleh Khas Solo yang Legendaris

Seperti namanya, penyajian sup ini mirip dengan bunga matahari. Sup Matahari ini berisi wortel, kenatang, jamur tiram, jagung, daging ayam giling dan bisa ditambahkan beberapa isian lainnya yang kemudian dibungkus dengan telur dadar.

Rasanya gurih, manis dan segar lantaran kuahnya yang bening dan sudah beraroma kaldu.

2. Nasi Liwet

Nasi liwet (Sumber: Kompas.com)

Saat Anda berada di Solo, kuliner satu ini sangat mudah dijumpai karena ada di hampir setiap sudut kota. Melansir dari Gramedia.com, nasi liwet ini terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama sayuran jipang, telur, daging ayam, santan kenal, opor serta beberapa bahan tambahan lainnya.

Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang yang dipincuk.

Saat mencoba kuliner yang satu ini, aroma pertama yang tecium adalah wangi santan disusul aroma opor ayam yang menyeruak keluar dalam panci.

Rasanya benar-benar gurih dan sedikit manis. Semua bahan diolah sampai lembut dan kaya akan bumbu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x