Kompas TV kuliner cerita rasa

Rekomendasi Makanan yang Cocok Saat Musim Hujan Biar Tak Kedinginan

Kompas.tv - 8 Oktober 2022, 12:04 WIB
rekomendasi-makanan-yang-cocok-saat-musim-hujan-biar-tak-kedinginan
Foto ilustrasi Bakso. Menjadi salah satu makanan yang cocok dinikmati saat musim hujan. (Sumber: Dok. Sajian Sedap)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat hujan, hawa udara menjadi dingin. Paling enak ditemani makanan hangat.

Mengonsumsi makanan hangat di kala hujan bukan hanya nikmat, tapi juga bisa menghangatkan badan.

Berikut rekomendasi makanan yang nikmat disantap saat hujan:

  • Bakso 

Bakso dengan kuah yang panas bisa membuat tubuh Anda hangat. Tak hanya itu bumbu yang gurih dan segar bakal menambah kenikmatan.

Apalagi sekarang bakso sudah berbagai macam bentuknya, seperti bakso mercon, bakso keju, bakso lava, bakso dengan  isian saus cabai segar dan lain-lain bisa sangat menggugah selera. 

Baca Juga: Kaledo, Kuliner Khas Legendaris Sulawesi Tengah

  • Soto Betawi

Makanan khas Betawi yang satu ini punya rasa gurih, creamy dari santan yang berpadu dengan daging sapi. Bisa menjadi  salah satu santapan untuk menghangatkan tubuh.

Soto betawi cocok disantap selagi hangat bersama emping dan nasi putih. Anda juga bisa menambahkan satu atau dua sendok cabai ulek segar, sehingga rasanya lebih pedas.

Apalagi, selain bumbu rempahnya, soto betawi memiliki rasa pedas dari jahe yang menghangatkan, lalu juga ada lada, kayu manis, dan bawang putih.

  • Tongseng

Tongseng merupakan makanan khas Boyolali Jawa Tengah yang kaya akan rempah. Makanan ini memiliki rasa yang cenderung pedas, sehingga bisa membuat tubuh kian hangat.

Makanan ini bercita rasa pedas yang berasal dari cabai dan jahe. Selain itu, semua bahan dan kaldu kambing berpadu jadi satu, menciptakan rasa gurih dan pedas yang pas.

Sensasi nikmat memakan tongseng bukan hanya terletak pada rempah dan bumbu yang kaya, tapi juga daging yang menempel di tulang kambing. Biasanya bagian daging kambing yang dimasak merupakan iga dan tulang belakang.

  • Seblak

Makanan yang pedas, sederhana, murah dan praktis ini juga bisa menjadi pilihan Anda bersantap saat hujan-hujan. Makanan yang memiliki cita rasa pedas menantang ini biasanya berisi kerupuk yang direbus, kuah cabai, ceker ayam, makaroni, bakso, dan lain-lain.

Tak hanya itu, seblak juga memiliki sayuran di dalamnya, lalu protein seperti telur dan olahan daging lainnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x