Kompas TV kuliner cerita rasa

Bluder Cokro Rotinya Lembut Sekali, Pas Untuk Oleh-oleh Madiun

Kompas.tv - 23 Desember 2020, 19:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabupaten Madiun di Jawa Timur punya daya tarik yang membuat  Benoe terus ingin kembali berkunjung ke sana saat di Madiun nasi pecel jadi hidangan yang tak pernah saya lewatkan untuk di santap. 

Selain nasi pecel ada kuliner lain yang juga wajib saya coba dan bahkan selalu saya jadikan buah tangan khas Madiun buat keluarga dan sahabat.

Buat kamu yang lagi ada di Madiun bisa nyobain salah satu oleh-oleh yang cukup enak di sini inilah bluder Cokro roti khas Madiun Ini punya tekstur super lembut saya pernah melihat proses pembuatannya secara langsung di pabriknya.

Tahap awal ini disebut adonan, untuk membuat adonan ini tepung terigu terlebih dahulu dicampur dengan ragi yang sudah aktif kemudian di uleni sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. 

Di wadah terpisah campur tepung terigu dan kuning telur yang sudah dikocok dengan air selanjutnya campuran kedua adonan tepung dan mulai di geblog.

Bludder Cokro didirikan pada tahun 1989 oleh almarhumah Ibu Suzanna. Suzanna mulai dengan memodifikasi resep roti yang ia dapat dari temannya di Kediri, awalnya roti tersebut diberi nama roti Cokro kemudian diubah menjadi roti Bluder Cokro. 

Nama bluder inilah yang akhirnya populer di masyarakat, bisnis bluder Cokro baru melejit sebagai oleh-oleh khas Madiun sejak tahun 2013 saat dipegang oleh putra dari ibu Suzanna hari Sasono.

Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.53, Manguharjo, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63127 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x