Kompas TV video tahu gak sih lo?

Sejak Kapan Internet Ada di Indonesia?

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 11:15 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini internet sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Kalau tak ada internet rasanya hampa kan? Lalu sebenarnya kapan internet mulai ada di Indonesia?

Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sejarah internet Indonesia dimulai pada awal tahun 1990an. 

Pada saat itu internet disebut dengan istilah Paguyuban Network. Istilah ini dipilih karena pada saat itu semangat kerja sama, kekeluargaan dan gotong royong sangat kental di antara para pengembang internet.

Seiring waktu, penggunaan internet menjadi individualis dan sangat komersial karena internet mulai diperjualbelikan di Indonesia.

Universitas Indonesia adalah pelopor perkembangan internet di Indonesia.

Pada tahun 1984 UINet resmi tersambung dengan UUNet salah satu Internet Service Provider atau Penyedia Layanan Internet pertama dan terbesar di Indonesia.

Lalu, pada tahun 1983 koneksi internet pertama di Indonesia dilakukan oleh Joseph Luhukay. Ia adalah akademisi dari Departemen Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Dan pada tahun 1988 Protokol Internet pertama di Indonesia didaftarkan oleh Universitas Indonesia. Protokol Internet tersebut adalah UI-NETLAB (192.41.206/24).

Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang terhubung dengan jaringan internet global.

Pada tahun 1993, Onno Purbo mengembangkan jaringan computer melalui frekuensi radio.

Sedangkan pada tahun 1994, Internet Service Provider hadir di Indonesia. Perusahaan penyedia layanan internet saat itu adalah PT Indo Internet (IndoNet)

Kemudian di Tahun 1996 bisnis warung internet (warnet) mulai tumbuh.

Sementara pada tahun 1998 Internet memegang peran penting dalam aktivitas reformasi dan perubahan demokrasi di Indonesia.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x