Kompas TV internasional kompas dunia

Tahun Depan Wisata Luar Angkasa Naik Balon Udara Dibuka, Tiketnya Rp1,8 Miliar!

Kompas.tv - 14 Juli 2020, 12:19 WIB
tahun-depan-wisata-luar-angkasa-naik-balon-udara-dibuka-tiketnya-rp1-8-miliar
Space Perspective berencana menerbangkan manusia ke luar angkasa. (Sumber: Dok. Instagram @futuristech.info)
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rasa-rasanya wisata luar angkasa akan kian ramai karena manusia dikabarkan dapat diterbangkan ke sana.

Perusahaan baru bernama Space Perspective baru-baru ini menjadwalkan untuk mengirim turis ke luar angkasa. Konsepnya pun berbeda dengan konsep wahana wisata luar angkasa lainnya.

Nantinya, para turis diluncurkan dengan menggunakan kapsul bertekanan yang diterbangkan dengan balon.

Baca Juga: Jelajah Luar Angkasa, SpaceX Sukses Meluncur, Donald Trump Bangga

Balon yang telah diisi dengan hidrogen apung tersebut akan membawa kapsul berpenumpang ke lapisan stratosfer.

Bernama Spaceship Neptunus

Wahana wisata luar angkasa bernama Spaceship Neptunus ini akan melakukan penerbangan uji pertama awal tahun depan.

Perjalanan ke luar angkasa dengan Spaceship Neptunus tersebut digadang-gadang jadi pengganti yang cocok bagi orang-orang yang ingin pergi ke luar angkasa dengan cara yang lebih santai.

"Kami berkomitmen mengubah cara orang dalam mengakses luar angkasa," ungkap Jane Poynter, pendiri Space Perspective seperti dikutip dari Live Science, Selasa (14/7/2020).

Sementara itu, mengutip dari newatlas.com, balon luar angkasa ini nantinya dapat memuat pilot serta delapan penumpang. Sejumlah fasilitas lengkap yang dihadirkan di dalam balon luar angkasa mulai dari kamar mandi hingga bar.

Ada pula jendela besar yang memungkinkan penumpang melihat Bumi di kegelapan luar angkasa.

Baca Juga: NASA akan Tabrakkan Pesawat ke Asteroid untuk Amankan Bumi, Begini Caranya

Spaceship Neptunus akan bertolak dari Shuttle Landing Facility di NASA Kennedy Space Center (KSC) di Space Coast Florida. Usai mengudara, balon akan menghabiskan sekitar dua jam untuk mencapai ketinggian maksimum sekitar 30.000 meter.

Kapsul akan menghabiskan waktu sekitar dua jam di lapisan stratosfer sebelum akhirnya kembali lagi. Total waktu yang diperlukan untuk penerbangan sekitar enam jam.

Harga tiket

Masih dilansir dari newatlas.com, perusahaan Space Perspective sendiri memang belum menetapkan harga untuk menikmati pengalaman tersebut. Namun, tiket kemungkinan dibanderol seharga $125.000 atau sekitar Rp1,8 Miliar per satu orang penumpang.

Kendati demikian, harga perjalanan balon udara ini sekitar separuh harga yang dipasang oleh SpaceShip Two, wahana wisata luar angkasa milik Virgin Galactic.

#LuarAngkasa #SpacePerspective #SpaceshipNeptunus



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x