Kompas TV nasional berita kompas tv

Jelajah Luar Angkasa, SpaceX Sukses Meluncur, Donald Trump Bangga

Kompas.tv - 31 Mei 2020, 14:00 WIB
jelajah-luar-angkasa-spacex-sukses-meluncur-donald-trump-bangga
Roket perdana SpaceX bernama Crew Dragon berisi dua astronot AS diluncurkan dari Florida, lokasi yang sama dengan peluncuran misi Apollo. (Sumber: PAUL MARTINEZ/GETTY IMAGES via KOMPAS.COM)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Wahana antariksa berawak milik SpaceX berhasil meluncur ke angkasa, Sabtu (30/5/2020) pukul 15.22 waktu setempat atau Minggu (31/5/2020) pukul 02.22 WIB.

Kesuksesan ini menjadi tonggak penerbangan ke luar angkasa karena untuk pertama kalinya dalam sejarah pengiriman antariksawan dilakukan oleh perusahaan swasta.

Wahana antariksa Crew Dragon itu diluncurkan menggunakan roket Falcon 9, juga milik SpaceX.

Baca Juga: SpaceX Terbangkan Mobil Listrik ke Luar Angkasa

Peluncuran dilakukan dari landas luncur 39A yang ada di Bandar Antariksa Kennedy di Florida, Amerika Serikat.

Di landas luncur itu pula, misi pendaratan manusia pertama di Bulan Apollo 11 juga diluncurkan pada 51 tahun lalu.

Awak yang ada dalam misi uji coba Demo-2 SpaceX itu adalah dua antariksawan kawakan Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS (NASA), Robert 'Bob' L Behnken (49) dan Douglas 'Doug' G Hurley (53).

Meski wahana itu bisa bekerja sepenuhnya otomatis, kedua antariksawan itu akan memandu Crew Dragon menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mereka juga akan melakukan sejumlah uji hingga wahana dan roket yang mereka kendarai benar-benar siap digunakan NASA untuk mengirimkan antariksawan lain ke luar angkasa. 

Terakhir kali, NASA mengirimkan antariksawannya menggunakan kendaraan sendiri dari AS pada 2011 saat masih menggunakan pesawat ulang alik.

Setelah pesawat itu memasuki masa pensiun, pengiriman antariksawan NASA dilakukan menggunakan roket dan wahana Soyuz milik Badan Antariksa Rusia Roscosmos.

Selama hampir satu dekade itu pula, Rusia menjadi satu-satunya negara yang bisa mengirimkan antariksawan menuju ISS dan membawanya kembali ke Bumi.

Baca Juga: Ucapkan Belasungkawa, Donald Trump: Keluarga George Floyd Berhak Atas Keadilan

Donald Trump Bangga

"Para pemimpin masa lalu menempatkan AS pada belas kasihan negara lain untuk mengirimkan antariksawannya ke orbit. Sekarang tidak lagi. Hari ini, kami sekali lagi berbangga atas diluncurkannya antariksawan AS menggunakan roket AS, yang terbaik di dunia, dari tanah AS," kata Presiden AS Donald Trump seperti dikutip BBC.

Trump menyaksikan peluncuran itu dengan didampingi Wakil Presiden AS Michael Pence dan Kepala Administrator NASA Jim Bridenstine.

Masyarakat pun menyaksikan langsung peluncuran itu dari sejumlah lokasi, seperti di sejumlah pantai Florida dan jembatan A Max Brewer, Florida.

Padahal NASA telah mengingatkan masyarakat pencinta antariksa untuk tidak melakukan perjalanan ke dekat lokasi peluncuran karena pandemi corona.

Peluncuran pada Sabtu kemarin adalah upaya peluncuran kedua setelah upaya pertama pada Rabu (27/5/2020) gagal akibat cuaca buruk.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x