Kompas TV internasional kompas dunia

Menkeu Sri Mulyani: Donald Trump Pengaruhi Stabilitas Ekonomi dan Politik Dunia

Kompas.tv - 19 Desember 2019, 17:00 WIB
menkeu-sri-mulyani-donald-trump-pengaruhi-stabilitas-ekonomi-dan-politik-dunia
Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia saat di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019 (Sumber: Kompas TV/Gratia/Munir)
Penulis : Deni Muliya

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani menyatakan, disetujuinya pasal pemakzulan terhadap Presiden Amerika Serikat, Donald Trump oleh House of Representative (HoR) atau Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat dapat memengaruhi stabilitas ekonomi dan politik dunia.

“Perkembangan dan bagaimana hasilnya, itu sudah sangat diperhitungkan oleh market. Itu memang akan menimbulkan suatu ketegangan politik di Amerika. Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di dunia, tentu bisa memengaruhi seluruh dunia dari sisi stabilitas politik dan kepastian policy (kebijakan),” ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Dimakzulkan, Donald Trump Ngamuk ‘Hajar’ DPR AS

“Dari sisi ekonomi, bagaimana hubungannya dengan perjanjian China, apakah masih akan tetap jalan terus. Tapi saya rasa itu proses politik yang mana Amerika memiliki mekanisme untuk bisa menyelesaikannya,” tutur Sri, usai mengikuti acara suluh bangsa di Hotel Arya Duta, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Baca Juga: Ini Pasal Untuk Memakzulkan Presiden Trump

Ketika ditanya apakah Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengajaknya berdiskusi terkait hal tersebut. 

Sri hanya menyatakan, “Kita melihat secara umum, kondisi global kita, lingkungan yang bisa memengaruhi ekonomi Indonesia,” katanya, seraya meninggalkan awak media. 

Sejauh ini, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, Pemerintah Indonesia telah mencermati kondisi global yang kemungkinan bisa turut memengaruhi ekonomi di tanah air.
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x