Kompas TV internasional kompas dunia

Pencalonan Biden di Pilpres Makin Suram, Ini Kata Tokoh Demokrat Nancy Pelosi dan George Clooney

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 08:35 WIB
pencalonan-biden-di-pilpres-makin-suram-ini-kata-tokoh-demokrat-nancy-pelosi-dan-george-clooney
Mantan Ketua Kongres AS yang juga tokoh Demokrat Nancy Pelosi tiba di Markas Besar Nasional Partai Demokrat bersama anggota kongres kuu Demokrat lainnya untuk membahas masa depan pencalonan Presiden Biden sebagai presiden, Selasa, 9 Juli 2024 di Washington. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Kekhawatiran semakin meningkat di dalam Partai Demokrat tentang kemampuan Presiden Joe Biden untuk memenangkan pemilihan ulang 2024 melawan Donald Trump.

Tokoh kunci Nancy Pelosi, George Clooney, dan beberapa senator Demokrat mulai ungkap keraguan atau menyarankan Biden sebaiknya mempertimbangkan untuk mundur.

Meskipun Biden bersikeras untuk mencalonkan diri dan mendapat dukungan dari faksi Demokrat yang penting seperti Congressional Black Caucus, artikel ini menyoroti debat internal yang signifikan saat partai mendekati Konvensi Nasional Demokrat.

Biden berupaya menggalang dukungan, termasuk pertemuan dengan pemimpin serikat pekerja dan rencana untuk berbicara secara pribadi dengan senator Demokrat.

Hari Rabu (10/7/2024), mantan Ketua Kongres AS Nancy Pelosi menyatakan keputusan untuk maju atau mundur ada di tangan presiden. Selebriti sekaligus donor besar Demokrat, George Clooney, juga menyarankan Biden untuk tidak mencalonkan diri lagi. Beberapa senator dan anggota Kongres Demokrat lainnya khawatir akan kemampuan Biden mengalahkan Donald Trump.

Pernyataan ini menunjukkan betapa tidak pastinya dukungan terhadap Biden di kalangan Demokrat. Di Capitol Hill, anggota Kongres Pat Ryan dari New York secara terbuka meminta Biden untuk mundur.

“Saya ingin dia melakukan apa pun yang dia putuskan,” kata Pelosi di acara MSNBC Morning Joe. Meski Biden sudah berulang kali mengatakan dia telah membuat keputusan, Pelosi menambahkan, “Kita semua mendorongnya untuk segera mengambil keputusan, karena waktu semakin sempit.”

Ini adalah momen krusial bagi Biden dan partainya, karena Demokrat mempertimbangkan kemungkinan yang sebelumnya tak terpikirkan: meminta Biden mundur hanya beberapa minggu sebelum Konvensi Nasional Demokrat yang dijadwalkan akan mencalonkannya kembali.

Baca Juga: Gedung Putih Bantah Isu Kesehatan Mental Biden: Dia Tidak Sakit Parkinson

Pesohor kubu Demokrat George Clooney bersama Joe Biden tahun 2022. Hari Rabu, 10/7/2024, mantan Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, menyatakan keputusan untuk maju atau mundur ada di tangan presiden. Selebriti sekaligus donor besar Demokrat, George Clooney, juga menyarankan Biden untuk tidak mencalonkan diri lagi. (Sumber: AP Photo)

Biden sedang menjamu para pemimpin dunia di Washington untuk KTT NATO minggu ini dengan jadwal yang padat, memamerkan keterampilan diplomatiknya. Di antara pertemuan resmi, percakapan sampingan, dan makan malam diplomatik yang panjang, Biden terus berupaya menunjukkan keahliannya.

Biden tetap mendapat dukungan kuat dari beberapa elemen penting koalisinya, terutama Congressional Black Caucus di Capitol Hill, yang berperan penting dalam memenangkan presiden pada 2020 dan mendukungnya sebagai pilihan terbaik untuk mengalahkan Trump lagi pada 2024.

“Pada saat ini, taruhannya terlalu tinggi dan kita harus fokus,” kata anggota Kongres AS Ilhan Omar dari Minnesota kepada Associated Press, Selasa. “Demokrasi sedang dipertaruhkan. Segala yang kita hargai sebagai Demokrat, sebagai negara, sedang dipertaruhkan, dan kita harus berhenti terganggu.”

Pelosi menjadi perhatian utama untuk sinyal bagaimana Demokrat berpikir tentang pencalonan Biden. Karena posisinya yang berpengaruh sebagai mantan Ketua dan kedekatannya dengan Biden, Pelosi dianggap sebagai salah satu pemimpin Demokrat yang dapat mempengaruhi pemikiran presiden.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x