Kompas TV internasional kompas dunia

Insiden Kecelakaan Helikopter: Menteri Pertahanan Malaysia Minta Video Tabrakan Tak Disebarluaskan

Kompas.tv - 23 April 2024, 23:30 WIB
insiden-kecelakaan-helikopter-menteri-pertahanan-malaysia-minta-video-tabrakan-tak-disebarluaskan
Sejumlah petugas tampak menginspeksi puing-puing helikopter yang bertabrakan di Lumut, Perak, Malaysia, Selasa (23/4/2024). Dua helikopter Angkatan Laut Kerajaan Malaysia bertabrakan saat tengah berlatih formasi, menyebabkan 10 orang awak tewas, Selasa (23/4/2024). (Sumber: Terence Tan/Ministry of Communications and Information via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin memberikan pernyataannya terkait insiden tabrakan dua helikopter Angkatan Laut saat latihan.

Menurut Khaled, dua helikopter yang bertabrakan di pangkalan Angkatan Laut Malaysia (TLDM) di Kota Lumut itu tengah melakukan latihan untuk yang ketiga kalinya.

Ia pun mengonfirmasi, ada 10 awak pesawat yang tewas dalam kecelakaan tersebut di mana para korban berasal dari Lumut dan Kota Kinabalu.

Khaled mengungkapkan bahwa para korban kecelakaan nahas tersebut terdiri dari para perwira dan anggota dari berbagai jajaran yang berusia di bawah 40 tahun.

"Anggota keluarga korban yang berasal dari Kota Kinabalu akan diterbangkan ke Lumut hari ini juga," kata Khaled dikutip dari The Star.

Lebih lanjut, untuk menghormati keluarga korban, Khaled juga meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan foto atau video dari kejadian tabrakan dua pesawat Angkatan Laut Malaysia tersebut.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan foto atau video dari kejadian tersebut untuk menghormati keluarga korban dan tidak mengganggu proses investigasi," ujarnya.

Khaled juga memastikan bahwa Pemerintah Malaysia akan memberikan pendampingan terhadap keluarga para korban.

"Kami akan memberikan bantuan dan pendampingan yang layak kepada keluarga korban," ujarnya.

Khaled menyebut, laporan sementara terkait kecelakaan helikopter tersebut akan dirilis sebelum laporan lengkap.

"Namun, ini akan memakan waktu karena kami ingin mengungkap penyebab kecelakaan tersebut," tambahnya.

Baca Juga: Dua Helikopter Bertabrakan, 10 Personel Militer Malaysia Tewas

Penyebab 2 Helikopter Angkatan Laut Malaysia Tabrakan



Sumber : The Star/Bernama


BERITA LAINNYA



Close Ads x