Kompas TV internasional kompas dunia

Geger di AS, Demonstran Pro-Palestina Tutup Jalan ke Bandara dan Jembatan Utama di Kota-kota Besar

Kompas.tv - 17 April 2024, 07:34 WIB
geger-di-as-demonstran-pro-palestina-tutup-jalan-ke-bandara-dan-jembatan-utama-di-kota-kota-besar
Para pengunjuk rasa yang menyerukan gencatan senjata di Gaza menutup lalu lintas menuju selatan di Highway 880 di Oakland, California pada Senin, 15 April 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

CHICAGO, KOMPAS.TV - Demonstran pro-Palestina memblokir jalan di Illinois, California, New York, dan Pasifik Barat hari Senin, 15/4/2024 waktu AS, yang menyebabkan penutupan sementara perjalanan menuju beberapa bandara tersibuk di negara ini, termasuk Jembatan Golden Gate dan Brooklyn serta jalan raya utama di Pantai Barat.

Di Chicago, para demonstran mengaitkan lengan mereka dan memblokir jalur Interstate 190 menuju Bandara Internasional O'Hare sekitar pukul 7 pagi dalam demonstrasi yang mereka sebut sebagai bagian dari "blokade ekonomi global untuk membebaskan Palestina," kata Rifqa Falaneh, salah satu penyelenggara.

Lalu lintas di Kawasan Teluk San Francisco macet selama berjam-jam karena demonstran menutup semua lalu lintas kendaraan, pejalan kaki, dan sepeda di Jembatan Golden Gate serta mengikat diri mereka ke drum 55 galon yang diisi dengan semen di Interstate 880 di Oakland.

Para pengunjuk rasa yang bergerak ke Brooklyn memblokir lalu lintas menuju Manhattan di Jembatan Brooklyn. Di Eugene, Oregon, para demonstran memblokir Interstate 5, menutup lalu lintas di jalan raya utama tersebut selama sekitar 45 menit.

Para demonstran mengatakan mereka memilih O'Hare karena merupakan salah satu bandara terbesar. Di antara hal lain, mereka menyerukan gencatan senjata segera dalam perang antara Israel dan Hamas.

Para pengunjuk rasa anti-perang telah melakukan demonstrasi di Chicago hampir setiap hari sejak serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang di bagian selatan Israel dan serbuan pesawat tempur dan pasukan darat Israel atas Gaza.

Baca Juga: Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tetap Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Demonstran yang memprotes perang yang sedang berlangsung di Gaza, memblokir lalu lintas menuju selatan di Interstate 880 di Oakland, California, pada Senin, 15 April 2024. (Sumber: AP Photo)

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 33.700 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza. 

Bandara O'Hare memperingatkan para pelancong di platform sosial X untuk menggunakan moda transportasi alternatif karena "perjalanan dengan mobil terhambat secara signifikan pagi ini akibat kegiatan protes."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x