Kompas TV internasional kompas dunia

Duta Besar Iran: Pembalasan Kedua dari Kami untuk Israel akan Jadi Penentu

Kompas.tv - 15 April 2024, 18:51 WIB
duta-besar-iran-pembalasan-kedua-dari-kami-untuk-israel-akan-jadi-penentu
Unjuk rasa melawan Israel di Tehran. Iran meluncurkan 350 drone pengebom, rudal jelajah dan balistik terhadap Israel hari Minggu yang diklaim Israel berhasil dicegat hampir seluruhnya. Inilah pertimbangan politik, militer, dan ekonomi Tehran saat memutuskan serangan. (Sumber: Al Jazeera / AP Photo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Iran untuk PBB, Amir Saeid Iravani menyatakan, Israel mengetahui langkah apa yang dilakukan oleh Iran untuk melakukan pembalasan yang kedua.

"Israel akan tahu apa yang akan menjadi balasan kami yang kedua, mereka mengerti bahwa yang berikutnya akan menjadi yang paling menentukan," kata Amir kepada Sky News usai pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB di New York pada Minggu (14/4/2024).

Sehari sebelumnya, Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan misil ke Israel sebagai tanggapan serangan terhadap gedung konsul Iran di Suriah awal bulan ini, dan menewaskan dua jenderal Iran.

Serangan itu secara luas disalahkan kepada Israel. Kabinet perang Israel telah bertemu pada Minggu untuk membahas kemungkinan balasan terhadap Iran.

Dengan saluran penyiaran negara Channel 12 mengutip seorang pejabat tanpa nama yang bersumpah akan memberikan tanggapan yang signifikan.

Mr Iravani menggambarkan ancaman ini sebagai. 

"Ini ancaman, bukan tindakan. Saya pikir tidak boleh ada tanggapan militer dari Israel," ucapnya.

Baca Juga: Suasana Rapat Darurat Dewan Keamanan PBB yang Bahas Iran-Israel

Ketika ditanya apakah tindakan negaranya telah meningkatkan risiko eskalasi menuju perang yang lebih luas, Mr Iravani mengatakan adalah hak sah Iran untuk merespons agresi

"Itu adalah hak sah kami untuk merespons karena mereka memulai agresi terhadap fasilitas diplomatik kami," ujarnya.



Sumber : Kompas TV, Sky News


BERITA LAINNYA



Close Ads x